Jakarta (ANTARA) - Penyanyi dangdut Via Vallen membagikan unggahan melalui akun Instagram pribadinya yang menginformasikan bahwa salah satu adiknya positif COVID-19.

"Ini hasil foto paru-paru adekku yang pneumonia. Berawal dari Apin yang kepalanya kebentur lantai terus mimisan jadi aku bawa ke lab," tulis Via Vallen dalam keterangan unggahannya, dikutip Senin.

"Aku juga ngajak semua keluarga yang belum pernah check up buat di check semua. Nah hasil paru salah satu adekku ada pneumonia orang tua khawatir karena takut corona," lanjutnya.

Via Vallen mengatakan bahwa adiknya itu memang pernah punya riwayat sesak nafas akibat kebiasaan merokok. Namun karena dia merasa khawatir adiknya terkena COVID-19 ia pun membawa sang adik dan keluarga untuk rapid test.

Baca juga: "Jazzdut" Via Vallen tutup festival jazz pertama di Purwakarta

Baca juga: Via Vallen akan tampil di Jatiluhur Jazz Festival hari kedua

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Ini hasil foto paru2 adekku yg pneumonia Berawal dr apin yg kepalanya kebentur lantai terus mimisan jd aku bawa ke lab Aku jg ngajak semua keluarga yg belum pernah check up buat di check semua Nah hasil paru salah satu adekku ada #pneumonia ,orang tua kuatir krn takut corona ( fyi aktifitas adekku hampir setiap hari ke surabaya anter jemput pacarnya kerja di Mall ) Akhirnya aku tanya ke beberapa spesialis paru dan semuanya bilang gpp ( itu gara2 rokok bla bla bla ) Adekku ini memang pernah sesek nafas jauhh sebelum adanya #corona Tp krn salah satu gejala corona adalah pneumonia, dirumah jg ada orang tua yg sakit Jadi untuk memastikan semuanya beneran baik2 ajaa, aku bawa dia rapid ke rs rujukan #covid19 dan hasilnya NON REAKTIVE Aku tanya ada lg tes buat mastiin corona ga? Kata beberapa suster disana ada swab, tp ini ga perlu krn rapidnya sudah akurat Eman uangnya mbakk, swab mahal lohh dan hasilnya lama Krn aku pengen memastikan 100 persen dia baik2 aja, ya aku maksa aja dia swab dgn ngejanjiin klo hasilnya negatif aku kasih uang jajan krn sebenenya dia ga mau di swab Akhirnya dia mau... Setelah menunggu 10 harii, ternyata hasilnya POSITIF Dan dr dinkes ada yg lapor ke RT buat bantu ngawasin adekku ( diluar sepengetahuan keluarga krn aq blm tau kalo adekku positif ) Ga tau gmn ceritanya, tiba2 beritanya menyebar dan keluarga yg tinggal di rumah lamaku itu setiap kali ada yg lewat depan rumah pasti ada aja yg lewat sambil nyindir2 Krn adekku msh bolak balik rumah lama ke baruu, akhirnya ada yg lapor ke puskesmas dan akhirnya jadi rame nyamperin ke rumah, ada mobil puskesmas, satpol pp dan mobil polisinya jg Akhirnya aku keluar buat ngadepin mereka dan memastikan kalo adekku ga akan keluar2 rumah lagi Nah masalahnya, adekku ga percaya kalo terpapar, krn dia merasa sehat wal afiat dan seger bugar ( OTG lah bahasa medisnya ) Teruss aku di salah2in gara2 maksain dia swab, karena waktu itu dia denger sendiri beberapa suster dan orang di RS tersebut udh bilang GAK PERLU SWAB! Krn aku janjiin uang akhirnya dia mau di swab Udh 2 minggu lebih adekku di isolasi mandiri dirumah, sekeluarga jg di TCM 2x dan udh selesai karantina selama 14 hari ( LANJUTAN DI KOMENTAR )

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???????????? ???????????????????????? (@viavallen) pada


"Tapi karena salah satu gejala corona adalah pneumonia, di rumah juga ada orang tua yang sakit. Jadi untuk memastikan semuanya beneran baik-baik aja, aku bawa dia rapid ke RS rujukan COVID-19 dan hasilnya non reactive," jelasnya.

Karena merasa khawatir adiknya terkena COVID-19, Via Vallen pun kemudian mengajak adik dan keluarganya untuk swab test.

"Karena aku pengin memastikan 100 persen dia baik-baik aja, ya aku maksa aja dia swab dengan ngejanjiin kalau hasilnya negatif aku kasih uang jajan karena sebenernya dia enggak mau di swab. Akhirnya dia mau," kata Via Vallen.

Hasil swab test pun keluar 10 hari kemudian dan menyatakan bahwa adiknya positif COVID-19.

"Nah masalahnya, adekku enggak percaya kalau terpapar, karena dia merasa sehat wal afiat dan seger bugar ( OTG lah bahasa medisnya )," ujarnya.

"Udah 2 minggu lebih adekku di isolasi mandiri di rumah, sekeluarga juga di TCM 2x dan udah selesai karantina selama 14 hari," imbuh Via Vallen.

Baca juga: Via Vallen ungkap penyebab pingsan saat nyanyi di Bengkulu

Baca juga: Hari Musik Nasional, Via Vallen hingga Armada terima royalti terbesar

Baca juga: Via Vallen kampanyekan bahaya sampah plastik di "Rest Area" Batang

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020