Brisbane,(ANTARA News) - Patung perunggu "Saraswati" sumbangan Sultan Hamengku Buwono X memperindah Taman Indonesia yang ada di kampus Universitas Charles Darwin (CDU), Australia, kata Sekretaris II Fungsi Pensosbud Konsulat RI Darwin Arvinanto Soeriaatmadja.

"Patung dewi ilmu pengetahuan dan seni setinggi sekitar dua setengah meter ini tiba di Darwin 14 Agustus lalu. Tiga orang pembuat patung ini sudah bertemu konsultan teknik Taman Indonesia di CDU untuk membicarakan proses pemasangan patung," katanya dalam penjelasannya kepada ANTARA, Rabu.

Patung perunggu sumbangan Sultan Hamengku Buwono X yang dibuat Studio Satiaji Yogyakarta ini, direncanakan sudah terpasang pada akhir Agustus mendatang, katanya.

Dengan kehadiran Patung Saraswati, Taman Indonesia yang lokasinya persis di depan kantor baru rektorat CDU itu, kini memiliki dua patung setelah patung Garuda.

Taman yang dilengkapi satu rumah model Minahasa, Sulawesi Utara, ini merupakan taman kedua di lingkungan CDU setelah Taman Republik Rakyat China.

Proses pembangunan Taman Indonesia yang dijadwalkan sepenuhnya rampung Oktober 2009 ini, dimulai sejak tiga tahun lalu, namun penyelesaiannya terkendala akibat keterbatasan dana.

Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan di KBRI Canberra, termasuk di antara pihak yang menyumbangkan dana bagi pembangunan taman yang akan mempertegas eksistensi Indonesia di negara bagian Northern Territory dan CDU.

Di universitas yang menjadi pusat keunggulan negara bagian Northern Territory itu, terdapat puluhan mahasiswa Indonesia.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009