Jakarta (ANTARA News) - Kesebelasan Persib Bandung dikabarkan mundur dari turnamen sepak bola Inter Island Cup 2009 yang menurut rencana dilangsungkan 4 hingga 17 September mendatang.

"Kami mendapat kabar bahwa kesebelasan Persib tidak siap tampil di Inter Island Cup. Sebagai gantinya harusnya Persija karena di klasemen musim lalu mereka ada di bawah Persib," kata CEO PT. Liga Indonesia (LI) Joko Driyono di Senayan, Kamis.

Namun, menurut Joko, sampai saat ini tim Persija belum terbentuk. Selanjutnya, pihaknya akan mencari kemungkinan lain.

Liga belum bisa memutuskan tempat penyelenggara turnamen yang pertamakali digelar ini. Kriteria calon tempat penyelenggara yang harus dipenuhi adalah layak secara teknis untuk siaran langsung televisi dan mudah diakses oleh tim-tim yang bertanding.

Penyelenggaraan Inter Island Cup ini berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Joko mengatakan venue pertandingan harus mudah dijangkau termasuk mendekati Lebaran kan biasanya penerbangan penuh.

Sebelumnya PT Liga Indonesia telah menunjuk lima tim terkuat dari masing-masing pulau terbesar di Indonesia untuk tampil diajang ini. Kelima tim ini akan bertanding dengan sistem setengah kompetisi untuk berebut tiket ke grand final.

Sriwijaya FC yang finish di posisi ke-5 pada Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 terpilih mewakili Sumatera. Sedangkan empat tim lainnya adalah Persib (Jawa), PSM (Sulawesi), Persiba (Kalimantan), dan Persipura (Papua).

Spirit menggelar turnamen ini, lanjut Joko, adalah mempertemukan klub terbaik yang selama ini mendominasi kompetisi nasional untuk membangkitkan gairah jelang kompetisi Liga Super Indonesia yang akan dimulai Oktober mendatang.

Dikatakannya, turnamen tersebut bisa menjadi parameter kekuatan dan kesiapan klub menghadapi LSI musim depan.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009