Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John, mulai memasuki tahap latihan dengan mitra tanding bagi persiapannya menghadapi Rocky Juarez pada pertarungan tunda di MGM Grand Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, pada 19 September 2009.

"Mulai pekan ini saya berlatih dengan mitra tanding atau `sparring pertner` setelah sebelumnya melakukan adaptasi tempat," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Senin.

Menurut petinju dengan julukan "The Dragon" tersebut, mitra latih tandingnya ini yang menentukan pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian.

"Saya belum tahu namanya karena yang menentukan adalah Craig Christian tetapi yang jelas mitra latih tandingnya diambilkan dari petinju setempat," kata suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati.

Menurut dia, mitra latih tandingnya adalah petinju yang memiliki gaya bertarung mirip dengan Juarez sehingga dirinya seolah-olah berhadapan dengan lawan yang sebenarnya.

Seperti diketahui Chris John bertolak ke Amerika Serikat, Kamis (13/8) setelah satu bulan berlatih di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia. Selain Craig, Chris John didampingi Bob Fedonowski (pelatih kedua setelah Craig Christian).

Selama di Amerika Serikat, petinju yang menerima gelar Super Champions tersebut berlatih di sebuah perbukitan Big Bear (pusat latihan tinju yang biasa digunakan petinju dunia sebelum naik ring) yang namanya "The Summit".

Partai Chris John melawan Juarez merupakan salah satu partai utama pada pertarungan di Las Vegas mendatang. Partai utama lainnya adalah antara Juan Manuel Marquez (Meksiko) melawan Floyd Mayweather Jr di kelas welter.

Pada pertandingan pertama di Toyota Center Houston Texas, 28 Maret 2009 berakhir dengan hasil imbang 114-114 kemudian dilakukan pertandingan ulang yang sedianya digelar di Staples Center Los Angeles, 27 Juni 2009.

Tetapi pertarungan tersebut dibatalkan karena Chris John mengalami gangguan pernapasan saat berlatih dengan mitra tanding sepekan sebelum naik ring. Akhirnya partai tunda itu digelar di MGM Grand Las Vegas, Nevada, 19 September mendatang.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009