New York (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengungkapkan kesedihan atas meninggalnya Edward M. Kennedy, salah satu senator paling berpengaruh di AS dan pernah berjasa besar bagi Obama pada masa kampanye presiden AS 2008.

Presiden Obama yang berbicara pada Rabu dari Chilmark, Massachusetts --tempatnya menghabiskan liburan musim panas bersama keluarga di Martha`s Vineyard, mengatakan baginya Edward `Ted` Kennedy adalah seorang teman sekaligus mitra kerja dan penasehat.

"Walaupun kita tahu bahwa saat ini (kematian, red) akan tiba... Bagi keluarga, beliau adalah seorang pelindung. Bagi Amerika, ia adalah pembela sebuah mimpi," tuturnya.

"(Ted Kennedy) bukan hanya merupakan salah satu senator terhebat dalam sejarah kita, tapi juga salah satu warga Amerika terbaik untuk demokrasi kita," ujarnya lagi.

Obama menuturkan, tak lama setelah dirinya menerima kabar tentang wafatnya Ted, ia langsung menelpon isteri Kennedy, Victoria Reggie, pada Rabu dini hari untuk menyampaikan bela sungkawa.

Menurut catatan media, jasa terbesar yang disebut-sebut diberikan oleh Ted Kennedy kepada Obama adalah ketika Kennedy menyatakan dukungannya kepada Obama saat sang calon presiden kulit hitam itu bersaing ketat pada Januari 2008 dengan lawannya sesama Demokrat, Hillary Rodham Clinton.

Ted bahkan terbang ke Denver untuk menghadiri Konvensi Nasional Partai Demokrat tahun lalu untuk menyampaikan pidato pada penerimaan Obama sebagai calon presiden.

Edward M. Kennedy, figur penting terakhir dalam dinasti politik Amerika Serikat --Kennedy-- dan salah satu senator paling berpengaruh dalam sejarah perpolitikan AS, menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (25/8) malam setelah bertarung dengan penyakit kanker otak yang dideritanya sejak setahun lalu.

Ted meninggal pada usia 77 tahun di kediamannya di Cape Cod, Massachusetts.

Ted berada di Senat AS selama hampir 50 tahun lamanya.

Dalam kurun waktu tersebut, ia telah bekerja sama dengan 10 presiden AS, termasuk adiknya sendiri, Presiden John Fitzgerald Kennedy.

Selama menjadi senator, ia dikenal telah melakukan berbagai pencapaian di legislatif, termasuk menyangkut masalah pendidikan, imigrasi, kesehatan dan hak-hak sipil.

Ted Kennedy sang Demokrat sejati dari Massachusetts, pertama kali terpilih menjadi anggota Senat AS pada tahun 1962 untuk melanjutkan periode tugas adiknya, John F. Kennedy.

John F. Kennedy sendiri terpilih sebagai presiden AS pada tahun 1961 namun tewas ditembak pada 22 November 1963 saat ia masih menjabat sebagai presiden.

Selain Ted dan John, kakak mereka yaitu Robert Kennedy juga berkecimpung dalam dunia politik.

Robert pernah menjadi anggota senat dari negara bagian New York sebelum ia juga mengalami pembunuhan pada tahun 1968.

Saudara perempuan mereka, Eunice Kennedy Shriver yang dikenal sebagai sosok yang memprakarsai Olimpiade Khusus untuk para atlet dengan keterbelakangan mental, baru saja meninggal dunia dua pekan lalu dalam usia 88 tahun.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009