Wina, (ANTARA News) - Eropa Tengah mungkin telah mengatasi krisis ekonomi terburuk, analis mengatakan Rabu, karena indeks pasar saham regional mencapai tingkat tertinggi sejak krisis mulai terasa di wilayah ini.

"Kami dapat berbicara secara kondisional dari sebuah akhir krisis (di kawasan)," kata Aaron Alber, seorang analis pasar saham di Raiffeisen Bank, kepada AFP.

Pemulihan lebih lanjut sekarang tergantung pada ekonomi global, tambahnya. Pada Selasa, indeks komposit CECE di bursa saham Wina, yang mengumpulkan sebagian besar perdagangan saham dari Polandia, Republik Ceko dan Hungaria, mencapai tertinggi tahun ini 1.821,37 poin, tingkat tertinggi sejak Oktober 2008.

Setelah keluar dari posisi terbawah pada 844,42 poin di paruh kedua Februari, sejak itu indeks telah meningkat, tumbuh lebih dari 115 persen dan menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi berjalan dengan baik di beberapa bagian Eropa Tengah.

"Telah ada kecenderungan stabilisasi ekonomi," kata Alber, menambahkan bahwa kecenderungan ini akan terus berlanjut dalam beberapa bulan mendatang.

"Sampai akhir tahun dan dalam jangka panjang - selama 12 bulan - kita dapat optimis," katanya.

"Tahun ini, (perekonomian) tidak begitu kuat, namun tahun depan akan menjadi stabil," tambah Guenther Artner, ketua bersama dari CEE (Eropa Tengah dan Eropa Timur) riset ekuitas di Erste Bank, Austria.

Bank Erste memproyeksikan pertumbuhan 1,7 persen tahun depan untuk seluruh wilayah, setelah diperkirakan menyusut 4,1 persen dalam produk domestik bruto tahun ini, katanya. "Hal ini telah menyemangati pasar saham," tambahnya.

Pasar saham terpukul sangat keras tahun ini dan sekarang bermain untuk menangkap kenaikan, Artner mencatat.

Dalam bulan-bulan mendatang, itu akan menjadi penting untuk melihat perkembangan lebih lanjut Eropa Tengah dan Timur, dan melihat bagaimana ekonomi-ekonomi nasional pemerintah menanggapi langkah-langkah anti-krisis pemerintah, Aaron Alber dari Raiffeisen menambahkan.

Polandia adalah satu-satunya negara Uni Eropa yang mencatat pertumbuhan sepanjang tahun, sementara yang lain telah tenggelam ke dalam resesi.

Pemerintah Polandia memproyeksikan pertumbuhan 1,0 persen tahun ini, tetapi Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan kontraksi 0,7 persen.

Pertumbuhan moderat masih akan pucat dibandingkan dengan kinerja Polandia baru-baru ini : ekonomi tumbuh 6,7 persen di tahun 2007 dan 4,9 persen pada tahun 2008.

Sementara ekonomi Ceko muncul dari resesi pada kuartal kedua, sementara Hungaria mengumumkan bahwa kontraksi ekonomi telah melambat pada tiga bulan dari April hingga Juni.

Namun, negara-negara lain di kawasan itu, masih terperosok ke dalam resesi.

Mantan "macan" ekonomi Lithuania melihat ekonominya menyusut dengan rekor 22,4 persen pada kuartal kedua - satu-satunya negara Uni Eropa yang sejauh krisis ekonomi ini semakin parah.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009