Sepekan, normal baru menurut JK hingga 500 peneliti terbaik Indonesia

Sepekan, normal baru menurut JK hingga 500 peneliti terbaik Indonesia

Jusuf Kalla menyebut kenormalan baru sebagai harapan

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora menjadi perhatian banyak pembaca selama sepekan mulai dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang memperkirakan normal baru akan berlangsung selama tiga tahun hingga 500 peneliti terbaik Indonesia versi Sinta yang diumumkan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro.

1. Jusuf Kalla perkirakan normal baru berlangsung tiga tahun

Mantan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla memperkirakan pelaksanaan kebijakan normal baru atau new normal di Tanah Air bisa berlangsung selama tiga tahun.

"Berapa lama? Itu minimum tiga tahun," kata dia saat diskusi virtual yang diselenggarakan Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju dengan tema The New Normal Indonesia yang dipantau di Jakarta, Sabtu (30/5).

2. Wali Kota Surabaya sesalkan mobil laboratorium dialihkan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyesalkan dua mobil laboratorium dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang sedianya diperbantukan khusus untuk Kota Surabaya, ternyata dialihkan ke daerah lain oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur.

"Temen-temen lihat sendiri kan, ini bukti permohonan saya dengan Pak Doni (Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo). Jadi ini saya sendiri yang memohon kepada beliau. Kasihan pasien-pasien yang sudah menunggu," kata Risma sambil menunjukkan obrolannya di WhatsApp dengan Doni di Balai Kota Surabaya, Jumat (29/5).

3. PT KAI tidak akan berangkatkan penumpang tanpa SIKM

Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus menegaskan tidak akan memberangkatkan setiap calon penumpang yang tidak memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta.

Menurut keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (27/5), kebijakan tersebut mengacu pada Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

4. Gelombang tinggi hantam pesisir Selatan Gunung Kidul

Gelombang tinggi menghantam kawasan pesisir Selatan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta sejak Selasa pagi (26/5) mengakibatkan sejumlah gazebo rusak dan beberapa lapak dagangan hanyut terbawa air laut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan kondisi gelombang tinggi tersebut terjadi selama tiga hari.

5. Menristek umumkan 500 peneliti terbaik Indonesia versi Sinta

Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro mengumumkan 500 peneliti terbaik Indonesia berdasarkan Science and Technology Index (Sinta).

"Kita harapkan ranking ini sudah benar-benar menggambarkan kondisi yang paling komprehensif dari kualitas peneliti dan dosen yang ada di Indonesia," kata Bambang dalam konferensi virtual Sinta Series 1: Pemeringkatan 500 Peneliti Terbaik Indonesia, Jakarta, Kamis (28/5). 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

30 Menit - Kepala BPS - Sensus Penduduk 2020 vs pandemi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar