Pagaralam, Sumsel (ANTARA News) - Sedikitnya 10 titik di jalan lintas yang akan dilalui pemudik di wilayah Kota Pagaralam Sumatra Selatan masih rusak dan rawan kecelakaan.

Jalan yang rusak parah itu terutama berada di Dusun Badar, Dusun Plangkenidai, Dusun Bumiagung, Dusun Selangis, Dusun Pagaragung, Lematang dan Mingkik, Kota Pagaralam.

Kapolres Kota Pagaralam AKBP K A Soleh, Sabtu, memperingatkan pengguna jalan di kawasan itu agar waspada, karena di jalan tersebut sering terjadi kecelakaan.

"Jalan-jalan itu sempit, minim rambu-rambu, dan banyak tikungan, terutama di daerah Lematang Indah dan Indikat Dusun Minggkik," kata Soleh.

Lapisan aspal di jalur tersebut, katanya, juga sudah banyak yang mengelupas dan terdapat lubang mengangah yang cukup besar. "Ada juga bagian jalan yang tergengang air dan habis terkikis," kata dia.

Soleh mengatakan agar kecelakaan bisa ditekan, Polres Pagaralam sudah memasang papan peringatan dan spanduk di sejumlah titik jalan yang rusak tersebut.

Menjelang lebaran, Polres Pagaralam juga akan mendirikan pos pengamanan sekaligus menyiapkan petugas patroli di jalur tersebut.

"Kita berharap jalan alternatif Simpang Embacang - Muara Siban Lahat dapat digunakan jika jalur utama mengalami gangguan," kata dia.

Soleh berjanji, polisi akan meningkatkan pemantauan langsung di sejumlah titik rawan kecelakaan dan daerah rawan longsor.

"Dalam rangka pengamanan Lebaran 2009, Polres Pagaralam juga menyiapkan 4 pos pengamanan di sejumlah titik jalur rawan," ungkapnya.

Pihaknya juga menyiagakan seluruh aparat di polsek-polsek di Kota Pagaralam untuk memberikan pengamanan kepada para pemudik yang melintasi jalur tersebut agar terhindar dari kecelakaan dan gangguan keamanan dan ketertiban.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009