Ketua FKPPI Papua: Pancasila pemersatu bangsa

Ketua FKPPI Papua: Pancasila pemersatu bangsa

Ketua FKPPI Papua yang juga Ketua Umum Persipura Jayapura dan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano. ANTARA/Alfian Rumagit/am.

Jayapura (ANTARA) - Ketua FKPPI Papua Benhur Tomi Mano menegaskan bahwa Pancasila merupakan dasar negara dan menjadi pemersatu bangsa, sehingga harus dipertahankan.

"Apalagi ada lima sila yang menjadi karakter bangsa kita yang terdiri dari berbagai suku dan agama dengan saling menghargai. Karena itu dengan mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-haru maka kita juga berperan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI dari Sabang hingga Merauke, " kata Benhur yang juga menjabat sebagai Walikota Jayapura kepada Antara, Selasa.

Ketika ditanya makna peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni di masa pandemi COVID-19, Benhur mengaku dengan dijadikannya Pancasila sebagai ideologi atau dasar negara, maka di masa pandemi Virus Corona ini diharapkan seluruh warga bergotong royong dalam menanganinya.

Apalagi sebagai bangsa yang besar, katanya, masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu dikenal dengan sifatnya yang suka gotong royong yang hingga kini masih dipertahankan.

Dengan bergotong royong maka Indonesia mampu mengatasi COVID-19 hingga jumlah masyarakat yang sembuh akibat terjangkit virus tersebut terus bertambah, harap Benhur.

Benhur juga mengajak agar masyarakat, khususnya para pemuda diharapkan tetap menjaga keutuhan Bangsa dan Negara Indonesia.

"Sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga keutuhan NKRI dan terus saling menghargai baik antar agama maupun suku rasa cinta kepada NKRI terus terpatri di dalam dada seluruh masyarakat Indonesia," harap Benhur.

Baca juga: Anggota DPR minta pemerintah wujudkan Pancasila dalam setiap kebijakan

Baca juga: Mendagri: Pancasila kekuatan bangsa hadapi pandemi COVID-19

Baca juga: Wapres: Pancasila hadir sebagai titik temu berbagai perbedaan

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden Jokowi pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar