Mamuju (ANTARA) - Kepala Polda Sulawesi Barat, Inspektur Jenderal Polisi Adang Ginanjar, meminta masyarakat di daerah itu untuk mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya mengajak seluruh masyarakat di Sulbar agar dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," kata dia, pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Tribrata Markas Polda Sulawesi Barat, Senin.

Baca juga: Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng berkomitmen jaga keutuhan NKRI

Kapolda yang memimpin langsung kegiatan tersebut dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Pancasila adalah ideologi negara dimana sebagai warga negara, kita wajib senantiasa menjunjung tinggi dan mengimplementasikan nilai-nilai luhurnya dalam kehidupan sehari-hari.

Hari Kesaktian Pancasila menurut Kapolda, juga merupakan momen untuk menguatkan komitmen bersama menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

"Tema Hari Kesaktian Pancasila sebagai pemersatu bangsa, kita wajib menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju," ujar dia.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Perkokoh pemahaman Pancasila untuk perkuat persatuan

Sementara itu, pada pelaksanaan Hari Kesaktian Pancasila kali ini, terjadi momen yang berbeda, dimana Wakil Kepala Polda Sulawesi Barat, Brigadir Jenderal Polisi Rachmat Pamudji, dan Inspektur Pengawasan Daerah Polda Sulawesi Barat, Komisaris Besar Polisi Bambang Sutoyo, menjadi eksekutor pembaca Undang-undang Dasar 1945 dan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila.

Kepala Bidang Humas Komisaris Besar Polisi Syamsu Ridwan menjelaskan, jika biasanya pembacaan Pembukaan Undang-undang maupun ikrar saat pelaksanaan upacara Hari kesaktian Pancasila di Polda Sulawesi Barat adalah perwira menengah.

Baca juga: Bekasi deklarasi pemilu damai berlandaskan Pancasila

"Kali ini memang sengaja dibuat lebih istimewa dimana dibacakan oleh pejabat tinggi, yaitu Wakapolda dan Irwasda," kata dia. Sebenarnya, kata dia, melalui kegiatan tersebut, Polda Sulawesi Barat hanya ingin menunjukkan bahwa ini momen yang istimewa yang mengandung nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tentu merupakan momentum untuk mengingat kembali nilai-nilai Pancasila yang menjadi landasan negara dan bangsa Indonesia. Jadi, pelaksanaannya kali ini dibuat agak unit dan berbeda dari sebelumnya," kata dia.

Baca juga: Bamsoet ajak masyarakat untuk terus kukuhkan ideologi Pancasila

Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang mengangkat tema 'Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju' terlihat antusiasme dan semangat personel Polda Sulawesi Barat.

Pewarta: Amirullah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023