Washington, (ANTARA News) - Investor miliarder Carl Icahn telah menjual 12,7 juta sahamnya di Yahoo!, mengurangi kepemilikannya di perusahaan itu, sebulan setelah terbentuknya satu rekanan pencarian Internet dengan raksasa perangkat lunak Microsoft.

Icahn, seorang anggota dewan dari Yahoo! dan salah satu dari pemegang saham terbesar Yahoo!, menjual saham selama tiga hari perdagangan di Wall Street, menurut sebuah laporan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Senin, demikian dikutip dari AFP.

Icahn menjual saham pada harga antara 14,74 dolar hingga 14,92 dolar AS.

Pada November, menyusul keputusan pendiri bersama Yahoo! Jerry Yang melangkah turun sebagai kepala perusahaan Internet, Icahn meningkatkan sahamnya di Yahoo! menjadi 5,4 persen, naik dari 5,0 persen yang dimilikinya sebelumnya.

Icahn dan Yang terlibat dalam sengketa yang sangat umum tahun lalu ketika Yang menolak 47-miliar dolar tawaran pengambilalihan oleh Microsoft untuk perusahaan yang didirikan dengan teman sekelas Universitas Stanford pada tahun 1995.

Icahn menjual saham Yahoo! sebulan setelah perusahaan menyetujui kemitraan untuk sebuah Web pencarian dan periklanan dengan Microsoft.

Berdasarkan kesepakatan tidak ada tunai, Yahoo! akan menggunakan mesin pencari Bing baru Microsoft pada situs miliknya sementara Yahoo! akan memberikan kekuatan penjualan global yang eksklusif untuk perusahaan pengiklan.

Saham Yahoo! kehilangan 1,62 persen di New York pada hari Senin menjadi ditutup pada 14,61 dolar AS.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009