Tokyo,(ANTARA News) - Sony Corp. mengatakan Selasa bahwa perusahaan itu akan menjual saham-sahamnya pada sebuah bisnis manufaktur televisi utama di Meksiko kepada Hon Hai Taiwan, sebagai bagian dari upaya untuk memperkecil biaya operasional globalnya.

Sony akan menjual 90 persen dari saham-sahamnya di Sony Baja California kepada Hon Hai Precision Industri Co.,menurut pernyataan perusahaan itu, seperti dikutip dari AFP.

Raksasa Jepang itu akan menguasai 10 persen saham di bisnis yang berbasis di Tijuana, yang mempekerjakanan 3.300 orang dan akan terus memproduksi TV Sony untuk kawasan Amerika berdasarkan kerjasama strategis dengan Hon Hai.

Seperti raksasa-raksasa teknologi tinggi Jepang lainnya, Sony sangat terpukul akibat krisis ekonomi global, yang menyebabkan turunnya permintaan untuk televisi dan juga barang elektronik lainnya.

Pimpinan perusahaan Hiward Stringer telah memangkas 16.000 pekerja dan menghentikan sekitar 10 persen operasional pabriknya dalam upaya mencapai keuntungan, menghadapi persaingan ketat dari produk-produk rivalnya seperti Apple`s iPod dan juga Nintendo`s Wii.

Hon Hai Precision Industry, manufaktur kontrak terbesar dunia di sektor elektronik itu membuat telepon selular, personal computer (PC) serta alat-alat konsumen untuk perusahaan-perusahaan seperti Dell, Nokia dan Sony.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009