Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah anggota polisi dengan kendaraan operasional mereka, Minggu dinihari mengawal anggota Front Pembela Islam (FPI) yang ziarah ke Masjid Keramat Luar Batang di Penjaringan, Jakarta Utara.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) FPI DKI Jakarta, Habib Alatas, mengatakan, pergerakan massa FPI ini untuk menjaga kesucian bulan ramadhan dengan melakukan sahur roadshow.

Pergerakan ratusan anggota FPI dimulai sejak pukul 00.00 WIB dan berkumpul di Tanah Sereal, Jakarta Barat, kemudian bergerak menuju masjid tersebut dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Anggota FPI tersebut menyusuri ruas Jalan Hayam Wuruk, Tamansari, Kota Tua, Tambora hingga menuju Mesjid Luar Batang, Penjaringan sekitar pukul 00.45 WIB.

Saat melintasi ruas jalan tersebut, sejumlah anggota polisi berjaga-jaga di sepanjang jalan yang dilewati konvoi ratusan anggota FPI.

Anggota yang siaga, yakni dari Polres Metro Jakarta Barat dan Polres Metro Jakarta Utara, serta sejumlah Polsek dan Pospol yang terdekat.

Setelah melakukan ziarah dan doa bersama di Mesjid Luar Batang, pukul 01.30 WIB, anggota FPI melakukan konvoi kembali menuju Mesjid Tanah Sereal.

Sebelumnya, informasi beredar anggota organisasi masyarakat Islam tersebut akan menertibkan sejumlah lokasi tempat hiburan di sekitar Daerah Ibukota Jakarta terkait dengan bulan ramadhan.

Namun hal tersebut tidak terbukti karena Habib Alatas menuturkan massa FPI akan kembali pulang setelah berziarah ke Masjid Luar Batang.

Pada kesempatan tersebut, Alatas juga sempat mengungkapkan ada sejumlah anggota FPI yang berangkat ke Tasikmalaya, Jawa Barat, guna menyerahkan bantuan dan membantu korban gempa Jawa.
(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009