Ia suka bagaimana tim saya bermain dan ingin tetap berhubungan
Jakarta (ANTARA) - Pep Guardiola akan menunjuk mantan mentornya, Juanma Lillo sebagai asisten pelatihnya di Manchester City, menurut sejumlah laporan di media Spanyol.

City tidak mencari menggantikan Mikel Arteta ketika ia meninggalkan posisinya sebagai asisten Guardiola untuk menjadi pelatih Arsenal Desember lalu, tetapi surat kabar Marca dan AS pada Jumat (05/6) mengatakan bahwa ia akan menunjuk Lillo, yang baru-baru ini meninggalkan klub Liga Super China Qingdao Huanghai.

Lillo, yang berusia 54 tahun, telah menjadi pelatih selama 35 tahun dan pernah pula bekerja sebagai asisten Jorge Sampaoli bersama Sevilla serta tim nasional Chile.

Ia pernah melatih tim utama Real Sociedad, Almeria dan Atletico Nacional. Pada 2005 ia pernah mendatangkan Pep Guardiola saat masih menjadi pemain dari klub Meksiko Dorados Sinaloa.

Baca juga: Pep Guardiola raih 29 trofi selama 11 musim sebagai pelatih

"Guardiola seperti anak bagi saya," kata Lillo dalam sebuah wawancara dengan FIFA 2012, sambil menjelaskan bahwa mantan gelandang Barcelona itu menemuinya setelah klub asuhannya Real Oviedo Lillo dikalahkan 4-2 oleh Barca.

"Ia mengatakan kepada saya bahwa ia suka bagaimana tim saya bermain dan ingin tetap berhubungan. Apa yang dimulai sebagai hubungan profesional berkembang menjadi sesuatu yang lebih jauh."

Baca juga: Pep Guardiola masih impikan latih tim nasional di masa depan

Baca juga: Zidane sanjung Guardiola pelatih terbaik di dunia

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020