Akademisi: Startup harus kuasai teknologi baru

Akademisi: Startup harus kuasai teknologi baru

Universitas Prasetiya Mulya menyiapkan mahasiswa agar mampu mengembangkan perusahaan rintisan (startup). (HO Prasetiya Mulya)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Rektor I Bidang Pembelajaran Universitas Prasetiya Mulya, Prof Agus W Soehadi, PhD mengatakan perusahaan rintisan (startup) terutama di Jakarta harus menguasai teknologi baru agar mampu bertahan di tengah kondisi seperti sekarang.

"Pengusaha startup tidak hanya dituntut menguasai bisnis tetapi juga mampu mengembangkan temuan-temuan baru," kata Agus dalam keterangan tertulis, Kamis.

Agus mengatakan, di era digital ini hadir beragam pengusaha yang bergerak di bidang startup. Namun dalam kondisi sekarang dituntut untuk lebih kreatif dan terus mengembangkan inovasi.

Seiring perkembangan saat ini maka perguruan tinggi juga dituntut memiliki sumber daya manusia yang menguasai di bidang teknologi dan informasi agar dapat berkontribusi dalam pengembangan startup di Indonesia.

Prasetiya Mulya juga menyiapkan SDM agar bisa ikut dalam kompetisi global ke depan, khususnya peran sebagai pengusaha.

Salah satunya dengan terjun langsung dalam perencanaan bisnis, simulasi bisnis dan proyek kewirausahaan lainnya yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi.

Baca juga: Hal yang harus diperhatikan "startup" agar bisa bertahan saat pandemi
Baca juga: Startup wisata Airy dikabarkan tutup permanen dampak COVID-19


Dalam era digital, komputer memiliki peran penting dalam bisnis diantaranya sistem jaringan, kecerdasan (intelligence) dan konektivitas (connectivity) untuk mempermudah interaksi antara manusia, manusia-mesin dan mesin-mesin.

Sebagai contoh mesin antrian pemesanan ojek atau taksi daring (online) melalui layar sentuh di pusat perbelanjaan, sistem parkir pembayaran melalui aplikasi, vending machine dengan pembayaran melalui aplikasi, memesan makanan di restoran cepat saji melalui mesin dengan layar sentuh, pembayaran dengan aplikasi dan lain lain.

Kepala Program Studi S1 Computer Systems Engineering, Erwin Anggadjaja mengatakan, keberhasilan dalam mengembangkan bisnis rintisan sangat bergantung kepada penguasaan di bidang bisnis dengan teknologi informasi.

"Untuk itu kami juga menyiapkan SDM yang menguasai bidang bisnis dan ekonomi juga ditambah dengan penguasaan kreativitas dan inovasi teknologi," katanya.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar