London (ANTARA News/AFP) - Dolar merosot ke tingkat terendah tahun ini terhadap euro pada Rabu waktu setempat, karena para investor tampak keluar dari "safe haven" dan membeli aset-aset berisiko, mendorong saham dan komoditas bergerak naik, kata para dealer.

Mereka mengatakan tampaknya telah menjadi pelarian karena euro bergerak terus di atas 1,45 dolar, dengan saham London menempatkan dalam kinerja terbaik mereka sejak Oktober di tengah berkembangnya optimisme resesi ekonomi Inggris membaik.

Pada akhir perdagangan London, euro berada di 1,4583 dolar, naik dari 1,4480 dolar di New York akhir Selasa.

Dolar juga turun tajam ke 91,74 yen dari 92,31 yen pada hari Selasa.

Dealer mengatakan pasar tampaknya telah mencapai sebuah titik perubahan setelah baru-baru ini sebagian besar data positif dan kenaikan lebih lanjut terlihat mungkin.

"Kami perkirakan euro, sterling dan mata uang komoditi untuk membuat beberapa kenaikan lebih lanjut jangka pendek setelah kenaikan tajam yang terlihat lebih tinggi pada Selasa," analis BNP

Paribas mengatakan dalam sebuah catatan.

"Euro juga menikmati beberapa dukungan tambahan dari revisi ke atas proyeksi pertumbuhan oleh beberapa peramal," tambah mereka.

"Peningkatan sentimen terhadap pertumbuhan ekonomi global dan selera risiko investor yang lebih baik ... mengurangi permintaan `safe haven` untuk dolar," kata penyiasat NAB Capital John Kyriakopoulos.

Sebuah Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Pembangunan dalam laporannya awal pekan ini memanggil untuk pengurangan peran dolar dalam perdagangan global -- usulan pertama oleh sebuah lembaga internasional utama -- menambah tekanan.

Para dealer mengatakan kenaikan itu mungkin berbalik terhadap dolar, yang dipandang sebagai yang aman karena krisis keuangan membawa ekonomi global ke lutut setelah runtuhnya raksasa perbankan AS Lehman Brothers pada September 2008.

"Pemain jangka pendek, seperti hedge fund telah menurun kepemilikan dolar mereka baru-baru ini. Dolar dapat melemahkan seluruh papan perdagangan lebih lanjut jika pemain jangka panjang bergabung," kata Mitsuru Sahara, senior dealer di Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, kepada Dow Jones Newswires.

Dolar juga sedang tertekan oleh spekulasi bahwa Federal Reserve AS mungkin akan lebih lambat dibandingkan dengan beberapa bank sentral besar lainnya untuk menaikkan suku bunga utamanya dari tingkat saat ini yang hampir nol.

Investor sedang menunggu hasil survei Beige Book tentang kondisi ekonomi Amerika Serikat yang akan dirilis pada hari Rabu untuk pengarah segar prospek ekonomi AS dan kebijakan moneter.

Di London pada hari Rabu, euro berpindah tangan pada 1,4583 dolar terhadap 1,4480 dolar akhir Selasa, pada 133,83 yen (133,67), 0,8798 pound (0,8779) dan 1,5163 franc Swiss (1,5164).

Dolar berdiri di 91,74 yen (92.31) dan 1,0395 franc Swiss (1,0470).

Pound berada pada 1,6581 dolar (1,6489).

Di London Bullion Market, harga emas jatuh ke 999,50 dolar per ons dari 1,000.75 dolar per ons Selasa malam. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009