London (ANTARA News) - Ketua Dana Moneter Internasional (IMF) Dominque Strauss-Kahn menyatakan bahwa pertemuan para pemimpin G-20 dalam KTT genting pekan depan di AS berupaya mengatasi ketidakimbangan global sebagai prioritas utama mereka.

Dominique Strauss-Kahn mengatakan hal itu dalam wawancara dengan surat kabar The Financial Times, bahwa G-20 harus memberikan perhatian pada masalah itu.

"Kami ingin menciptakan penyeimbangan kembali pertumbuhan dan peningkatan konsumsi di pasar bersama untuk menciptakan pertumbuhan yang memadai dalam jangka panjang," katanya seperti dikutip AFP.

"Kami juga ingin menetapkan bagaimana model pertumbuhan jangka panjang."

Dominique Strauss- Kahn menambahkan: "Konsultasi-konsultasi multilateral telah diselenggarakan membahas topik ini dengan kesimpulan menerima saran semua pihak, dan tidak ada sesuatu yang terjadi ... kami ingin G-20 memberikan dorongan di balik ini".

Banyak negara Barat berusaha mencari cara untuk mengatasi ketidakimbangan global - terutama isu tentang besarnya defisit Amerika Serikat saat ini dan surplus di pihak China.

Para pemimpin dari negara-negara kaya dan terkemuka di bidang ekonomi akan bertemu di Pittsburgh, AS, 24-25 September untuk menghadiri pertemuan puncak yang akan berjuang menghadapi bagaimana mencegah krisis ekonomi global belakangan ini.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009