Banda Aceh (ANTARA News) - "Cut Nyak" Cristine Hakim, pemeran utama film pahlawan Cut Nyak Dhien, tampil di tengah-tengah massa takbiran menyambut Idul Fitri 1430 Hijriah yang dipusatkan di halaman depan Masjid Raya Banda Aceh, Sabtu malam.

Kehadiran aktris ibukota itu mendapatkan perhatian ribuan orang yang sedang menunggu dimulainya takbiran keliling kota dan secara resmi dibuka Gubernur Provinsi Aceh, Irwandi Yusuf.

Cristine Hakim mengaku kehadirannya di panggung utama pelepasan peserta pawai takbir Idul Fitri di Kota Banda Aceh itu atas undangan panitia.

"Saya memang sedang berada di Banda Aceh untuk membuat sebuah film dokumenter tentang kota ini (Banda Aceh) yang bekerja sama dengan pemerintah kota," katanya.

Aktris tersebut hadir di tengah-tengah massa takbiran dengan menggunakan busana panjang warna hitam dan berselendang panjang.

Selain itu, pembukaan takbiran menyambut Lebaran 2009 itu juga dihadiri Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Soenarko, Kapolda Irjen (Pol) Aditya Warman, Ketua DPRA Sayed Fuad Zakaria dan sejumlah pejabat provinsi serta Pemkot Banda Aceh.

Irwandi Yusuf, menyatakan dirinya baru pertama kali melepas peserta pawai takbir sejak dilantik menjadi Gubernur Provinsi Aceh, awal 2007.

"Selain untuk masyarakat Aceh dan Indonesia, saya juga menyampaikan salam untuk seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Idul Fitri saya harapkan bisa menjadi ajang memperkuat persatuan dan silaturrahmi sesama Muslim dan non-Muslim," katanya menjelaskan.

Irwandi juga menyampaikan pesan khusus Lebaran kepada para korban bencana alam gempa di Provinsi Jawa Barat serta banjir di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara.

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Aceh, saya turut prihatin dan berharap para korban bencana alam tetap tabah menghadapi musibah tersebut," kata dia menjelaskan.

Momen Idul Fitri 1430 Hijriah ini juga diharapkan agar memperkuat rasa saling membantu terutama bagi mereka yang sedang tertimpa musibah seperti bencana alam gempa di Jawa dan banjir di Sumut.

"Idul fitri agar memperkuat untuk membantu mereka yang terkena korban bencana alam. Kita telah menyalurkan bantuan kepada mereka," katanya menjelaskan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009