Timika (ANTARA News) - Di bawah guyuran hujan gerimis, ribuan umat Islam di kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua menggelar sholat Idul Fitri 1430 Hijriah bertempat di Lapangan Timika Indah, Minggu.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri dimulai sekitar pukul 07.20 WIT dipimpin Imam Ustadz Amin AR SAg, selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Mimika dan Khotib Akhir Iribaram selaku Ketua PHBI Mimika.

Sebagaimana pantauan ANTARA, jemaah yang datang ke Lapangan Timika terlihat sangat banyak.

Sebagian jemaah terpaksa menggelar sholat di ruas Jalan Belibis karena Lapangan Timika Indah tidak mampu menampung semua jemaah yang datang.

Meski diguyur hujan gerimis, para jemaah terlihat khusuk melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri.

Selain di Lapangan Timika Indah, sholat Idul Fitri juga dilaksanakan di 23 masjid yang tersebar di kota Timika dan sekitarnya.

Wakil Bupati Mimika, Abdul Muis dalam sambutannya mengajak umat Islam setempat menghilangkan rasa benci dan iri serta bersama-sama dengan komponen masyarakat Mimika lainnya membangun persatuan dan kesatuan.

"Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat untuk mewujudkan Mimika sebagai tanah damai," ajak Muis.

Sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri, pada Sabtu (19/9) malam masjid-masjid di kota Timika dimeriahkan dengan takbir mengumandangkan keagungan Allah SWT.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009