Karawang (ANTARA News) - Kepadatan kendaraan tidak hanya terjadi pada jalur Pantura dari arah Cirebon ke Jakarta pada H+4 Lebaran atau Kamis, dari arah sebaliknya atau jalur Pantura dari arah Jakarta menuju jalur Pantura juga terjadi kepadatan kendaraan.

Akibatnya, banyak kendaraan termasuk bus yang melintas menuju jalur Pantura hendak menjemput para pemudik di sekitar Jawa Tengah dan sekitarnya terjebak macet di daerah tersebut. Kondisi itu terjadi karena adanya penyempitan jalan selepas jalan layang simpang Jomin.

Penyempitan jalan menjadi satu lajur tersebut terjadi sejak selepas simpang Jomin hingga SPBU Jatisari Karawang. Penyempitan jalan itu dilakukan dengan menggeser pembatas jalan (barrier) ke jalur dari arah Jakarta menuju Cirebon. Sehingga arah dari Jakarta menuju Cirebon menyempit.

Sedangkan jalur Pantura Karawang dari arah Cirebon menuju Jakarta diberlakukan dua hingga tiga lajur sampai simpang Jomin, untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kepadatan kendaraan selama arus balik lebaran. Kondisi yang sama juga diberlakukan di sepanjang jalan Bypass Jomin.

Jalan Bypass Jomin itu tidak bisa dilewati kendaraan yang melintas dari gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, karena petugas langsung mengalihkan arus lalu lintas dari pertigaan Mutiara ke Pasar Cikampek, untuk selanjutnya belok kiri dan sampai ke simpang Jomin, selanjutnya ke jalur Pantura.

Pengalihan arus lalu lintas dari gerbang Tol Cikampek menuju simpang Jomin melintasi Pasar Cikampek itu dilakukan untuk mengatasi kepadatan kendaraan yang terjadi di simpang Jomin, khususnya kepadatan kendaraan yang terjadi di simpang Jomin dari jalan Bypass Jomin.

Sisa-sisa pemudik dari Jakarta dan sekitarnya yang melintas dari gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura hingga H+4 Lebaran ini masih terlihat. Rata-rata, para pemudik itu menggunakan kendaraan pribadi yang pada bagian atas kendaraannya terdapat banyak barang bawaan.

Sedangkan bus-bus umum yang melintas dari arah gerbang Tol Cikampek menuju jalur Pantura, rata-rata kursi penumpangnya kosong. Hanya sebagian kecil penumpang saja yang terlihat di dalam bus tujuan Cirebon dan sekitarnya pada jalur menuju Cirebon.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009