Purwakarta, (ANTARA News) - Arus lalu lintas di gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta menuju Jakarta dan sekitarnya pada H+4 atau Jumat siang lancar, tidak terjadi kepadatan kendaraan berarti yang mengakibatkan antrean.

Pantauan ANTARA dari jalur Pantura menju gerbang Tol Cikampek, menunjukkan kepadatan kendaraan hanya terjadi dari pertigaan Mutiara hingga jalan raya Cikopo, akibat banyaknya kendaraan yang keluar-masuk rumah makan di sisi jalan raya Cikopo tersebut.

Namun, kepadatan itu mencair beberapa ratus meter menuju gerbang Tol Cikampek. Sedangkan kondisi gerbang Tol Cikampek lancar dan tidak terjadi antrean pada pintu masuk gerbang Tol Cikampek.

Kendaraan yang melintas dari jalur Pantura menuju gerbang Tol Cikampek pada Jumat siang ini masih didominasi kendaraan pribadi dan kendaraan jenis bus.

Sementara itu, kendaraan dari arah Purwakarta-Bandung tujuan Jakarta masih dialihkan ke gerbang Tol Kalihurip, dan gerbang Tol Cikampek masih dikhususkan untuk kendaraan yang melintas dari jalur Pantura menuju Jakarta.

Berdasarkan data lalu lintas gerbang Tol Cikampek, pada H+5 ini diperkirakan kendaraan yang masuk gerbang Tol Cikampek mencapai 34.135 kendaraan.

Sedangkan kendaraan yang masuk gerbang Tol Kalihurip pada Jumat ini diperkirakan sebanyak 9.455 kendaraan.

Untuk kendaraan yang masuk gerbang Tol Cikampek pada H+3 lebaran atau Kamis (25/9) sebanyak 31.066 kendaraan atau meningkat dibandingkan dengan arus balik Lebaran 2008 lalu pada hari yang sama, sebanyak 29.465 kendaraan.

Sedangkan kendaraan yang masuk gerbang Tol Kalihurip pada H+3 lebaran kemarin mencapai 5.793 kendaraan atau menurun dibandingkan dengan arus balik lebaran 2008 lalu pada hari yang sama, sebanyak 6.028 kendaraan.

Hingga kini, pihak gerbang Tol Cikampek masih memberlakukan tiga pintu masuk dan lima pintu keluar di gerbang Tol Cikampek. Hal itu akan terus diberlakukan hingga H+7 nanti.

"Pemberlakuan tiga pintu masuk itu dipastikan akan terus dilakukan hingga H+7 lebaran nanti, karena kendaraan yang melintas masuk gerbang Tol Cikampek berlangsung cepat," kata petugas Sentra Komunikasi Gerbang Tol Cikampek, Daryono, di Cikopo.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009