Liga Inggris

Liga Inggris dimulai lagi, ditandai nirgol dan keputusan kontroversial

Liga Inggris dimulai lagi, ditandai nirgol dan keputusan kontroversial

Kiper Aston Villa Orjan Nyland (ketiga kiri) tampak memegang bola di dalam gawangnya tetapi wasit, teknologi garis gawang dan VAR tak menganggapnya sebagai gol, dalam laga lanjutan Liga Inggris melawan Sheffield United yang digelar tanpa penonton di Stadion Villa Park, Birmingham, Inggris, Rabu (17/6/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Paul Ellis)

Jakarta (ANTARA) - Liga Premier Inggris musim 2019/20 kembali bergulir setelah tertangguhkan sejak Maret karena pandemi COVID-19 ditandai dengan skor imbang 0-0 antara Aston Villa dan Sheffield United yang diwarnai keputusan kontroversial di Stadion Villa Park, Birmingham, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Insiden kontroversial itu terjadi tiga menit jelang turun minum, ketika gelandang Sheffield, Oliver Norwood, mengeksekusi tendangan bebas yang tajam dan menyulitkan barisan pertahanan Aston Villa.

Kiper Orjan Nyland berhasil menangkap bola, tetapi kemudian bersenggolan dengan rekannya sendiri, Keinan Davis, hingga berdiri memasuki garis gawang.

Tayangan ulang memperlihatkan bahwa bola yang berada di pelukan Nyland sudah melewati garis gawang, tetapi teknologi garis gawang tak memberi notifikasi apapun di jam tangan wasit Michael Oliver.

Lebih buruk lagi, asisten wasit video (VAR) yang menjadi sorotan atas banyak keputusan kontroversial di sepanjang Liga Inggris musim ini juga tak berbuat apapun untuk meninjau insiden tersebut.

Baca juga: Yang boleh ada di dalam stadion saat Liga Premier main lagi

Sementara Nyland mendapat "bantuan" dari keteledoran teknologi garis gawang dan VAR, Dean Henderson melakukan satu penyelamatan penting untuk Sheffield pada menit ke-60 saat ia menepis tembakan John McGinn yang mengarah ke pojok atas gawang.

Situasi nirgol bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi, memaksa kedua tim berbagi poin dalam pertandingan kontroversial penanda kembalinya Liga Inggris tersebut.

Hasil imbang hanya cukup membuat Sheffield naik ke urutan keenam dengan koleksi 44 poin menggusur Wolverhampton (43), sedangkan Villa (26) tertahan di posisi ke-19, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Sheffield akan kembali menjalani laga tandang ke markas Newcastle United pada Minggu (21/6) ketika Villa menjamu Chelsea.

Baca juga: Manchester City akan kenakan jersey khusus lawan Arsenal

Susunan pemain:

Aston Villa (4-3-3): Orjan Nyland; Ezri Konsa (Ahmed Elmohamady), Kortney Hause, Tyrone Mings, Matt Targett; Conor Hourihane, Douglas Luiz, John McGinn (Marvelous Nakamba); Anwar El Ghazi (Trezeguet), Keinan Davis (Mbwana Samatta), Jack Grealish
Pelatih: Dean Smith

Sheffield United (3-5-2): Dean Henderson; Chris Basham, John Egan, Jack Robinson; George Baldock, Sander Berge (Luke Freeman), Oliver Norwood, John Lundstram, Enda Stevens; Oliver McBurnie (Lys Mousset), Billy Sharp (David McGoldrick)
Pelatih: Chris Wilder

Baca juga: Manchester City beri kesempatan David Silva hingga akhir musim
Baca juga: Arteta berharap David Luiz bertahan di Arsenal

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar