Menteri Erick rombak direksi Pelindo III

Menteri Erick rombak direksi Pelindo III

Suasana bongkar muat peti kemas di PT Terminal Petikemas Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/4/2020). Pelabuhan itu dikelola PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/wsj.

U Saefudin Noer ditetapkan sebagai Direktur Utama
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III).

VP Corcom Pelindo III Wilis Aji Wiranata dalam keterangannya di Jakarta, Jumat menyampaikan bahwa keputusan tersebut ditetapkan melalui Keputusan Menteri BUMN Selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan PT Pelabuhan Indonesia III dengan No. SK-209/MBU/06/2020.

Dalam penyerahan SK Menteri BUMN dan pengumuman Direksi Pelindo III yang dilakukan secara daring, U Saefudin Noer ditetapkan sebagai Direktur Utama, Boy Robyanto sebagai Direktur Teknik, dan Putut Sri Muljanto sebagai Direktur Operasi dan Komersial.

Kemudian, Edi Priyanto sebagai Direktur SDM, Endot Endrardono sebagai Direktur Keuangan, dan Kokok Susanto sebagai Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis.

Baca juga: Pelindo III ajak Korea bangun gudang pendingin di Teluk Lamong

Saefudin Noer bukan sosok baru di Pelindo III, dia pernah menjadi Direktur Keuangan Pelindo III pada 2015-2018.

Saefudin menggantikan Doso Agung yang telah mengemban jabatan Dirut Pelindo III sejak 2018.

Selain memberhentikan Doso Agung, Kementerian BUMN juga mengganti empat direktur lainnya yakni Joko Noerhudha dari posisi Direktur Teknik, Toto Hedi Yanto dari posisi Direktur SDM, Irvandi Gustari dari posisi Direktur Keuangan, dan Toto Nugroho Pranatyasto dari posisi Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis.

Sebelumnya, Erick Thohir telah melakukan perombakan di Pelindo I, Pelindo II, dan Pelindo IV.

Pelindo III merupakan perusahaan yang berperan dalam mengelola dan membawahi 43 pelabuhan umum di tujuh wilayah provinsi Indonesia, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Perseroan membawahi 11 anak usaha dan perusahaan afiliasi yang bergerak dalam beragam sektor terkait jasa kepelabuhan seperti logistik, layanan kesehatan, peti kemas, pengelola terminal curah cair dan gas, sarana bantu pemanduan, operator terminal, penyedia tenaga kerja, jasa pemeliharaan, pengelolaan alur pelayaran, kawasan industri, dan bongkar muat.

Baca juga: Pelindo III "rapid test" penumpang kapal di Pelabuhan Kalianget Madura
Baca juga: Pelindo III catat pertumbuhan arus kapal dan peti kemas hingga April

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Transisi normal baru di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar