Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John, berharap bisa menjadi pelatih apabila sudah tidak lagi berkecimpung sebagai atlet yang telah membesarkan dirinya.

"Saya inginnya seperti itu supaya apa yang saya dapatkan selama ini bisa saya tularkan kepada yang lainnya," kata petinju yang memiliki rekor bertarung 43 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri di Semarang, Minggu.

Menurut dia, dirinya tidak bisa terus menekuni dunia tinju (sebagai petinju) dan suatu saat tentunya harus mundur. "Saya berharap maksimal sebelum usia 35 tahun sudah mundur dari tinju," kata suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati tersebut.

Sekarang ini usia petinju dengan nama lengkap Christian Johanes tersebut sudah 30 tahun jalan (Chris John kelahiran Jakarta, 14 September 1979), sehingga masih mempunyai waktu empat hingga lima tahun lagi untuk terus berkarier di dunia tinju.

"Sebelum usia 35 tahun, saya berharap sudah mundur dari tinju. Dan selama sisa waktu ini, saya tetap berharap bisa berbuat yang terbaik dan mudah-mudahan semuanya lancar," kata ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut.

Sekarang ini Chhris John sudah merintis usaha setelah tidak bertinju lagi, yaitu membuka warung internet di Kabupaten Kudus dan tempat kos-kosan di daerah Sampangan Semarang.

Menyinggung soal langkah selanjutnya untuk tarung unifikasi (menyatukan gelar dua badan tinju berbeda) maupun naik kelas, mengingat yang bersangkutan sudah 12 kali mempertahankan gelarnya di kelas bulu, dia mengatakan, sampai kini belum ada pembicaraan ke arah itu dengan manajer sekaligus pelatihnya, Craig Christian.

"Belum ada pembicaraan ke arah itu, tetapi pada dasarnya saya siap untuk unifikasi atau naik kelas. Semuanya tergantung pada Craig Christian karena dia tahu yang terbaik buat saya," kata petinju yang merebut gekar juara dunia dari tangan Oscar Leon (Kolombia) pada pertarungan ad-interim di Bali 2003.

Menyinggung rencana berlatih kembali di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia, dia mengatakan, sampai kini belum ada rencana ke arah itu. "Saya diberi waktu untuk istirahat oleh Craig, soal nanti berlatih kembali tentunya akan ada kabar atau pemberitahuan dari yang bersangkutan," katanya.

Chris John baru kembali mempertahankan sabuk gelar juara dunia setelah menang dengan angka mutlak dari petinju Amerika Serikat, Rocky Juarez pada tarung tunda di MGM Grand, Las Vegas, Nevada, 19 September 2009.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009