Jakarta (ANTARA) - Anda yang punya sedikit ruang di halaman atau lokasi lain di rumah mungkin ingin memanfaatkannya sebagai lokasi menggantung hammock atau tempat tidur gantung, sembari menikmati hari.

Untuk menyiapkan tempat tidur gantung dengan benar, Anda harus menemukan penyangga kuat yang dapat menahan beban seseorang atau dua orang, lalu metode yang aman untuk mengamankan tempat tidur gantung ke penyangga.

Jika Anda baru saja membeli hammock atau Anda hanya mencoba mencari cara untuk menggantungnya berikut tipsnya seperti dilansir Real Simple:

1. Cari tahu total berat maksimal yang bisa ditampung 

Berat ini bisa bervariasi, sekitar 300 pound atau 130 kilogram untuk tempat tidur gantung satu orang, dan 600 pound atau 260 kilogram untuk tempat tidur gantung dua orang. Anda harus memastikan penyangga dan pengencang dibuat untuk menangani jumlah berat itu.

2. Tentukan berapa lama tempat akan bertahan di lokasi yang sama

Anda akan menggunakan metode yang berbeda untuk menyiapkan tempat tidur gantung untuk halaman belakang atau teras Anda, di mana itu akan menjadi perlengkapan permanen, atau jika Anda ingin menggantung satu sementara di tempat perkemahan atau taman.

3. Pilih tempat yang bagus

Cari tempat yang sedikit bisa melihat jalan untuk membantu Anda benar-benar bersantai. Anda harus membuat satu keputusan tentang penempatan tempat tidur gantung Anda: apakah Anda ingin sambil berjemur atau bersantai di tempat teduh.

4. Perhatikan sekitar Anda

Pastikan tempat tidur gantung Anda setidaknya berjarak tiga kaki atau 91 sentimeter dari dinding, tiang, atau pohon lain di kedua sisinya, sehingga Anda dapat berayun dengan bebas, tanpa khawatir akan menabrak sesuatu.

5. Tentang penyangga

Jika Anda merencanakan pengaturan yang lebih permanen, Anda dapat menggunakan dudukan hammock — dibuat untuk menangani beban, dan akan memungkinkan Anda untuk memindahkan hammock Anda, sehingga Anda dapat mengikuti matahari (atau menempel pada tempat teduh).

Anda juga dapat menggantung tempat tidur gantung di antara sepasang tiang di beranda atau bahkan dari tiang di dinding, jika Anda ingin menggantung tempat tidur gantung di dalam ruangan.

Untuk penempatan sementara, cari sepasang pohon kokoh dengan jarak setidaknya 10-15 kaki atau 3 sampai 4,5 meter Secara umum, pohon yang berdiameter setidaknya 12 inci atau 30 sentimeter dan terlihat sehat akan berhasil.

6. Dapatkan perangkat tempat tidur gantung yang tepat

Apa yang Anda perlukan untuk menggantung tempat tidur gantung akan tergantung pada bagaimana Anda menggantungnya.
Untuk menggantung tempat tidur gantung di pohon tanpa merusak pohon, Anda dapat membeli tali pohon khusus atau menggunakan tali khusus untuk menggantung tempat tidur gantung.

Jika Anda menggantungnya dari tiang atau dinding, Anda akan menggunakan pengait berbentuk S dinding — atau tali pohon. Tetapi jika Anda ingin menggantungnya di teras tertutup, Anda dapat menggantungnya dengan tali dan kait yang terhubung ke tiang.

7. Gantung di ketinggian yang tepat

Para ahli merekomendasikan untuk menggantung tempat tidur gantung agar dapat duduk 18 inci atau 45 sentimeter di atas tanah ketika Anda duduk di atasnya.

Kemudian, karena lekukan tempat tidur gantung, Anda harus meletakkan perangkat menggantung setidaknya empat kaki atau 1,2 meter di atas tanah.

Menggunakan berbagai metode menggantungnya, Anda selalu dapat menyesuaikan tali atau rantai ke atas atau ke bawah untuk membuat tempat tidur gantung Anda sangat nyaman bagi Anda. Kemudian, duduk, santai, dan nikmati ayunannya.

Baca juga: Cara membuat tampilan kamar rumahan seperti kamar hotel

Baca juga: Kiat bikin suasana rumah lebih glamor dengan nuansa emas

Baca juga: Tips pilih warna ruangan ciptakan suasana romantis

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020