Cara membuat tampilan kamar rumahan seperti kamar hotel

Cara membuat tampilan kamar rumahan seperti kamar hotel

Ilustrasi kamar hotel (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Sebagian dari Anda mungkin menjadi kamar sebagai "markas" terlebih dalam masa karantina seperti sekarang, agar tidak jenuh Anda bisa menghadirkan nuansa baru di kamar.

Memiliki kamar yang rapih dan bersih seperti kamar hotel bisa membuat suasana hati lebih bagus, apalagi jika Anda mampu mendekorasinya menjadi tampilan yang Instagramable, tentu akan semakin memunculkan ide kreatif.

Baca juga: Kiat bikin suasana rumah lebih glamor dengan nuansa emas

Baca juga: Tips bersih-bersih rumah setelah banjir


Dengan menggunakan metode ABC's Daily Cleaning dari Airy Community melalui keterangan resmi yang diterima Minggu, Anda bisa mendapatkan kamar pribadi seperti layaknya hotel. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menciptakan kamar seperti di hotel.

1. Bereskan barang berserakan
Yang menjadi daya tarik kamar hotel adalah tidak adanya barang berserakan. Maka, rapikan kamar dengan menempatkan barang pada tempatnya masing-masing.

Buku dan majalah di rak, baju di lemari, pernak-pernik di kotaknya dan sebagainya. Sediakan juga kontainer khusus sebagai tempat simpan sementara jika belum sempat mengaturnya.

Untuk mempermudah Anda mengatur barang yang ada di kamar, lakukan searah jarum jam.

2. Kasur rapi
Tempat tidur yang rapih membuat Anda lebih tertarik untuk membaringkan diri. Mulai dengan mengganti kain seprai, usahakan warnanya senada dengan sarung bantal dan guling.

Pastikan seprai terpasang seimbang pada sisi kiri dan kanannya, serta tertarik kencang sehingga permukaan kasur terlihat mulus.

Baca juga: Bahan-bahan alami untuk membersihkan rumah

Baca juga: Jumlah kalori yang terbakar saat membersihkan rumah


Jangan tempatkan terlalu banyak bantal atau guling di tempat tidur, cukup sepasang bagi setiap orang. Apabila ada dua pasang, posisikan bantal atau guling tersebut saling berhadapan pada bagian lubang sarungnya. Tempatkan bantal kecil atau boneka sebagai pemanis.

3. Kosongkan meja
Bukan berarti tidak ada benda sama sekali, akan tetapi minimalisir jumlahnya dan pilih yang paling fungsional seperti lampu meja dan kaktus mini saja. Gaya seperti inilah yang biasa Anda temui di kamar-kamar hotel. Meja yang kosong memberi kesan luas pada ruangan dan lebih penting lagi dapat memudahkan Anda untuk fokus bekerja.

4. Lap debu
Pada bagian yang berdebu tipis atau terlihat mata, gunakan metode dry dusting yakni menggunakan lap kering. Pastikan ceceran debu tidak menimpa benda di sekitarnya.

Untuk furnitur seperti meja, lemari, pintu, kusen dan kaca jendela, alat elektronik serta cermin, Anda dapat menerapkan langkah damp dusting dengan menggunakan kain lembap. Kemudian akhiri dengan furniture polish untuk mengilapkan barang-barang tersebut.

5. Sapu kamar
Langkah terakhir adalah sapu atau gunakan vacuum cleaner kamar Anda dari area yang terjauh dari pintu masuk. Lanjutkan proses bersih-bersih dengan mengepel lantai. Pastikan kain pel tidak dalam kondisi basah, cukup lembab saja agar tidak meninggalkan bekas air setelah kering.

Gerakkan tongkat pel Anda dengan menekan dan memutarnya membentuk angka delapan sambil berjalan mundur. Awali pula dari area terjauh, ini agar pengepelan merata dan lantai yang telah bersih tidak terinjak kembali.



Baca juga: "Japandi" tren desain rumah saat ini

Baca juga: Lima inspirasi "home office" warna pastel yang bikin betah saat WFH

Baca juga: Inspirasi desain apartemen mungil

 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Asosiasi Hotel Mandalika terima reservasi 1.000 kamar kru WSBK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar