Lampung nihil kasus positif COVID-19 baru

Lampung nihil kasus positif COVID-19 baru

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, Senin. (22/6/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Jumlah pasien positif kita masih sama seperti Minggu (21/6) yakni 181 kasus
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung melaporkan bahwa Senin ini di daerah itu tidak ada penambahan pasien konfirmasi positif COVID-19 atau nihil kasus baru.

"Jumlah pasien positif kita masih sama seperti Minggu (21/6) yakni 181 kasus, begitu pula dengan pasien sembuh kita tidak ada penambahan hari ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Senin.

Baca juga: Lampung raih tiga penghargaan lomba inovasi terkait COVID-19

Dia menjelaskan bahwa dari 181 orang yang terkonfirmasi positif sebanyak 128 telah dinyatakan sembuh dari COVID-19, dengan menyisakan 41 pasien yang masih dirawat dan 12 di antaranya meninggal dunia.

Kemudian, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) di Lampung terjadi penambahan satu orang sehingga berjumlah 154 dengan 117 pasien dinyatakan negatif COVID-19, menyisakan 10 orang yang masih dalam perawatan dan 27 di antaranya meninggal dunia.

Baca juga: DPRD Lampung harapkan anggaran penanganan COVID-19 terserap maksimal

Di sisi lain, ia mengatakan bahwa sejak beroperasinya alat PCR di Laboratorium Kesehatan Daerah Lampung pada 14 Mei hingga 21 Juni 2020, pihaknya telah memeriksa sebanyak 1.974 sampel tes usap di mana 1.849 di antaranya negatif COVID-19.

"Untuk hari ini kami memeriksa 16 sampel usap dan tidak ada yang positif atau hasilnya negatif semua," kata dia.

Baca juga: Dinkes Lampung sebut Labkesda telah periksa 1.682 sampel tes usap

Selain itu, lanjut dia, pemeriksaan sampel usap juga dilakukan oleh dua rumah sakit di Lampung menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM).

"Rumah Sakit Ahmad Yani di Kota Metro hingga kemarin sudah memeriksa 57 sampel usap dan hasilnya negatif dan Rumah Sakit Menggala sudah memeriksa 65 sampel, kesemuanya juga negatif," kata dia.

Baca juga: Dua hari Lampung nihil kasus COVID-19

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menlu Retno dorong PBB fasilitasi pemerataan akses vaksin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar