BRISBANE, 8 Oktober (ANTARA/Medianet International-AsiaNet) --

     Sutradara, penulis skenario sekaligus produser terkemuka Cina, Huang Jianxin, akan memimpin Juri Internasional gelaran tahunan ketiga Asia Pacific Screen Awards (APSA). Ia akan bergabung dengan dramawan sekaligus penulis skenario asal Australia David Williamson, pembuat film asal Iran Milani Tahmineh, dramawan, penulis skenario sekaligus sutradara asal India Feroz Abbas Khan dan penulis/sutradara Korea Gina Kim.

     Juri Internasional ini akan menentukan pemenang Asia Pacific Screen Awards 2009 yang akan diumumkan dalam sebuah upacara di Gold Coast Australia pada 26 November.

     Huang Jianxin adalah anggota kelompok terhormat pembuat film 'Generasi Kelima' sekaligus Ketua Asosiasi Sutradara Film Beijing. Film-filmnya telah memperoleh lebih dari 60 penghargaan domestik dan internasional utama dan film terbarunya, Jianguo Daye (Mendirikan Republik) yang terlaris dalam merayakan hari jadi China Film Group, memecahkan rekor film domestik yang paling banyak menarik penonton pada akhir pekan di Cina.

     Ketua Juri APSA sebelumnya adalah aktris sekaligus aktivis kemanusiaan terkenal India Shabana Azmi (2007) dan sutradara calon peraih Academy Award asal Australia, Bruce Beresford (2008).

     Ketua APSA Des Power hari ini berkata, "Repertoar Huang Jianxin sebagai pembuat film luar biasa dan kami sangat merasa terhormat ia telah menerima penunjukan Ketua Juri untuk 2009. Saya yakin bahwa keluasan pengalamannya akan membawa kepemimpinan yang berharga kepada Juri kami dan tugas berat memilih pemenang APSA tahun 2009."

     "Huang Jianxin telah mengumpulkan juri amat terhormat yang benar-benar mewakili kawasan kami yang berbeda. Saya sangat senang menyambut David Williamson, Tahmineh Milani, Feroz Abbas Khan dan Gina Kim ke Dewan Juri APSA dan saya menantikan kehadiran mereka ke Gold Coast bulan November untuk musyawarah mereka."

     APSA telah menarik jumlah terbanyak 212 film dari 43 negara untuk kompetisi tahun 2009. Para calon akan resmi diumumkan pada Senin, Oktober 12.

     APSA, inisiatif budaya internasional Pemerintah Queensland, merupakan kolaborasi unik antara CNN International, UNESCO dan FIAPF-Federasi Internasional Asosiasi Produser Film. APSA menghormati karya-karya pembuat film di kawasan yang meliputi 70 negara, sepertiga dari Bumi dan setengah hasil film dunia. Film dinilai dari keunggulan sinematik dan cara di mana mereka membuktikan asal-usul budaya mereka.

     Untuk Riwayat Hidup Juri, Foto Resolusi Tinggi dan Informasi Media,

     Kontak: Jill Robson
     M: +61 (0) 458 404 527
     jill@apscreenawards.com

     atau kunjungi: http://www.asiapacificscreenawards.com/news_room/apsa_media_centre

     SUMBER: Asia Pacific Screen Awards (APSA)

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009