Padang (ANTARA News) - UNDAC (United Nations Disaster Assessment and Coordination), lembaga dibawah PBB, memuji tindakan Indonesia melaksanakan tahapan evakuasi korban dalam masa tanggap darurat pasca gempa 7,9 SR di Sumatra Barat (Sumbar).

UNDAC menilai Indonesia sudah sangat mampu dalam mengatasi bencana Sumbar, kata Winston Chang, team leader UNDAC di Padang, Kamis.

Menurut dia, dengan baiknya upaya Indonesia sehingga banyak teknologi yang menyiapkan UNDAC belum sempat digunakan untuk evakuasi dan pencarian korban gempa.

"Luar biasa yang dilakukan masyarakat Indonesia pada penanggulangan bencana Sumbar. Semua sistem berjalan baik dan tidak ada kendala di lapangan," katanya sambil mengatakan kerjasama lembaga internasional dengan Indonesia berjalan baik.

UNDAC melihat Indonesia cukup piawai mengatasi bencana ini, tapi bentuk kerjasama dari internasional tetap diperlukan karena itu bagian komitmen bersama masyarakat dunia, kata Chang.

"Kami melihat masyarakat Indonesia dalam menyikapi gempa Sumbar tidak pernah lelah untuk segera bertindak dalam tanggap darurat dan itu luar biasa," tambahnya. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009