Washington DC (ANTARA News) - Salah satu alasan Presiden Amerika Serikat Barack Obama menunda kunjungannya ke Jakarta adalah karena ia ingin dua puterinya, Malia dan Sasha, juga bisa datang ke Indonesia.

Menurut Duta Besar RI untuk AS, Sudjadnan Parnohadingrat, Kamis, keinginan Obama untuk mengajak kedua puterinya itu ke Indonesia diungkapkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri AS Kurt M. Campbell ketika keduanya bertemu baru-baru ini.

Obama konon tidak jarang menceritakan kepada Malia (11) dan Sasha (8) berbagai kenangan dan pengalaman saat menghabiskan sebagian masa kecilnya di Indonesia.

"Karena itu, Presiden Obama juga ingin anak-anaknya merasakan kenangan saat tinggal di Indonesia," kata Sudjadnan ketika ditemui di sela-sela Resepsi Diplomatik dalam rangka HUT ke-64 Kemerdekaan RI dan Hari TNI di Washington DC.

Resepsi Diplomatik itu antara lain dihadiri oleh adik tiri Presiden Obama, Maya Soetoro Ng, serta Deputi Wakil Menteri Perdagangan AS, Ira Kasoff yang mewakili Menteri Perdagangan AS Gary Locke.

Obama sempat mengupayakan agar kedua puterinya bisa berangkat dengannya dalam rangka kunjungan ke Indonesia.

"Seperti yang diceritakan, Presiden Obama sempat meminta ijin bagi kedua puterinya untuk mengikuti kunjungannya ke Indonesia," tutur Sudjadnan.

"Tapi kepala sekolah tidak bisa memberikan ijin karena saat ini bukan masa liburan," tambahnya. Malia dan Sasha bersekolah di Sidwell Friends School di Washington DC.

Di sekolah swasta itu, Malia saat ini menjadi murid kelas enam, sementara Sasha murid kelas dua.

Puteri mantan presiden AS Bill Clinton, Chelsea Clinton, juga pernah menjalani pendidikan di sekolah yang sama.

Seperti yang diumumkan oleh Juru Bicara Kepresidenan Dino Pati Djalal serta Kedutaan Besar AS di Jakarta, Presiden Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menyepakati bahwa kunjungan Obama ke Indonesia akan dilakukan tahun depan.

Kesepakatan itu dicapai ketika keduanya secara informal melakukan pertemuan di sela-sela pelaksanaan KTT G-20 di Pittsburgh akhir September lalu.

Sebelumnya, Obama disebut-sebut akan berkunjung ke Indonesia pada November tahun ini, saat dirinya melakukan lawatan ke beberapa negara Asia, termasuk ke negara tetangga Indonesia, Singapura.

Kendati batal berkunjung ke Jakarta pada November tahun ini, Obama tetap akan melakukan lawatan ke Jepang pada 12-13 November; Singapura pada 13-15 November --untuk menghadiri sidang APEC; China (15-18 November) dan Korea Selatan 18-19 November. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009