Ciamis (ANTARA) - Sejumlah warga mengamankan macan tutul (Panthera pardus) setelah berhasil masuk perangkap yang sengaja dipasang warga di kaki Gunung Sawal, Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis.

Kader Konservasi Kabupaten Ciamis, Ilham Purwa mengatakan macan tutul yang habitatnya di hutan Gunung Sawal itu kondisinya sudah aman saat dimasukkan ke kandang besi milik warga.

"Kita pasti amankan agar warga tenang dan satwa selamat," kata Ilham saat dihubungi wartawan melalui telepon seluler.

Ia menuturkan, macan tutul yang diperkirakan panjang sekitar 1 meter itu ditangkap warga pada Kamis pagi, setelah diketahui masuk perangkap yang sengaja dipasang warga.

Baca juga: Dosen IPB: Perhatian pada konservasi macan tutul Jawa tergolong minim

Baca juga: Laju deforestasi picu macan tutul jawa ke luar hutan


Ia menyampaikan warga sebenarnya sudah lama mengincar macan tutul itu karena selama ini telah banyak memangsa ternak milik warga. "Sudah memangsa ternak," katanya.

Petugas konservasi di lapangan sudah melaporkan penangkapan macan tutul itu, selanjutnya menunggu tim medis untuk memeriksa kondisi satwa pemakan daging tersebut.

Selain itu, petugas di lapangan melakukan penjagaan dan menganalisis masalah sosial terkait konflik warga dengan macan tutul di kawasan kaki Gunung Sawal itu.

"Konflik macan tutul dan warga harus bisa dihindari," katanya.*

Baca juga: Peneliti: Habitat ancaman utama macan tutul jawa

Baca juga: Membantu sang macan jadi raja di habitat Guntur-Papandayan

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020