MotoGP

KTM boyong Petrucci dari Ducati, Oliveira gantikan Espargaro

KTM boyong Petrucci dari Ducati, Oliveira gantikan Espargaro

Motor KTM RC16 (ANTARA/HO-KTM Images)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Italia Danilo Petrucci akan meninggalkan Ducati pada akhir tahun ini untuk memperkuat tim KTM Tech 3, menggantikan Miguel Oliveira yang dipromosikan ke tim pabrikan KTM untuk musim MotoGP 2021.

Pabrikan asal Austria itu lebih memilih Oliveria, yang belum genap dua tahun di MotoGP, ketimbang Petrucci untuk mengisi bangku Pol Espargaro, yang kontraknya habis akhir tahun ini dan santer dikabarkan didekati oleh Honda untuk menjadi rekan Marc Marquez tahun depan.

Petrucci, berbekal sembilan finis podium di kelas premier dan juara Grand Prix Italia, akan menjadi rekan yang pas untuk, Iker Lecuona, pebalap termuda di grid yang menjalani musim rookie tahun ini.

Bangku Petrucci di Ducati akan ditempati oleh pebalap Australia Jack Miller musim depan.

Baca juga: Bradley Smith gantikan Iannone di dua seri pembuka MotoGP
Baca juga: MotoGP kembali ke Sirkuit Misano untuk sesi tes privat
Direktur KTM Motorsports Pit Beirer dan Danilo Petrucci (ANTARA/HO-KTM Images)


Sementara itu Oliveira akan kembali berjuang bersama pebalap Afrika Selatan Brad Binder, mantan rekan satu tim di Moto2 dan Moto3.

Oliveira asal Portugal mengesankan KTM ketika menjadi rookie tahun lalu dengan sembilan kali finis poin dan berada di delapan besar klasifikasi Grand Prix Austria kendati menghabiskan musim dengan cedera bahu.

Sedangkan Binder, belum sempat menjalani debutnya di MotoGP karena musim balapan tahun ini terpaksa tertunda karena pandemi COVID-19.

Kedua pebalap sebelumnya juga telah mempersembahkan kemenangan bagi KTM di kelas intermediate dan ringan

KTM yang telah membangun delapan motor yang identik di awal tahun ini menekankan jika keempat pebalap dipasok dengan motor spesifikasi pabrikan pada 2021.

Baca juga: MotoGP restart, begini protokol COVID-19 di sirkuit
Baca juga: MotoGP dan Formula 1 restart, berikut komparasi jadwalnya


"Brad dan Miguel memiliki hubungan kerja yang produktif dan telah menunjukkan talenta dan semangat untuk memenangi balapan di semua seri MotoGP. Kami yakin mereka memiliki determinasi yang dibutuhkan untuk mendorong proyek MotoGP kami ke depan," seperti dilansir laman resmi KTM, Kamis.

"Hal yang sama untuk Red Bull KTM Tech 3 di mana kami senang bisa membawa Danilo ke dalam keluarga ini. Pengalamannya sangat berharga tapi kami juga berharap kepada seorang pebalap yang berkomitmen dan dengan perilaku yang tepat.

"Kami yakin dia masih punya sesuatu yang bisa ditunjukkan di MotoGP."

KTM pun ingin menyampaikan terima kasih kepada Espargaro, yang akan menggenapi perjalanan mereka bersama selama empat tahun musim ini, kolaborasi yang telah membuahkan sejumlah pencapaian yang mengesankan bagi kedua pihak di MotoGP.

Baca juga: Aprilia perpanjang kontrak Espargaro hingga 2022
Baca juga: Iannone gugat hukuman doping ke CAS

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pandemi, pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika tetap berjalan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar