BRISBANE, 12 Oktober (ANTARA/Medianet International-AsiaNet) --

     Samson & Delilah (Australia), Nanjing! Nanjing! (City of Life and Death, Republik Rakyat China), Darbareye Elly (About Elly, Republik Islam Iran) Mei Lanfang (Forever Enthralled, Republik Rakyat China) dan The Time That Remains (Wilayah Palestina/ Perancis/ Italia/ Belgia/Inggris) akan bersaing untuk meraih penghargaan Film Terbaik dalam Asia Pacific Screen Awards (APSA) tahun 2009.

     Para pemenang penghargaan tertinggi kawasan ini dalam film akan diumumkan pada 26 November pada Upacara tahunan ketiga APSA di Gold Coast Australia.

     Asia Pacific Screen Awards telah mengumumkan nominasi dalam sembilan kategori penghargaan dengan 37 film yang mewakili 16 negara dan daerah. Mereka adalah: Australia, Kamboja, India, Indonesia, Republik Islam Iran, Israel, Jepang, Selandia Baru, Wilayah Palestina, Republik Rakyat China (Daratan China/Hong Kong), Republik Korea, Federasi Rusia, Sri Lanka, Thailand dan Turki.

     Ketua APSA Des Power berkata, "Saya ucapkan selamat kepada para calon tahun 2009 yang mewakili keluasan luar biasa bakat yang ada di kawasan kita dalam tahun ketika kualitas film Asia-Pasifik luar biasa. Para calon ditentukan dari jumlah terbanyak 212 peserta dari 43 negara. Tanggapan ini menunjukkan bahwa para pembuat film Asia-Pasifik menghargai misi kami mengakui karya mereka dan membawanya ke khalayak global."

     APSA adalah kolaborasi unik antara CNN International, UNESCO dan FIAPF-Federasi Internasional Asosiasi Produser Film. Film dinilai atas keunggulan sinematik dan cara di mana mereka membuktikan asal-muasal budaya mereka.

     Jepang sangat terwakili pada tahun 2009 dengan total tujuh nominasi diikuti oleh Republik Rakyat China dengan enam nominasi. India, Iran, Federasi Rusia dan Republik Korea menerima lima nominasi. Tiga Film Australia dinominasikan (Mary and Max, Gandhi's Children, Samson & Delilah) dan ini menandai pertama kalinya sebuah film Australia telah diakui dalam kategori Best Feature. Negara dan daerah yang dinominasikan dalam APSA untuk pertama kalinya tahun ini adalah Thailand, Kamboja dan Wilayah Palestina.

     Drama ansambel Asghar Farhadi, Darbareye Elly (About Elly, Republik Islam Iran), telah menerima nominasi terbanyak dari setiap film (Film Terbaik, Pencapaian Penyutradaraan, Skenario Terbaik dan Permainan Terbaik oleh Aktris), diikuti oleh epos perang menawan Lu Chuan, Nanjing! Nanjing! (City of Life and Death, Republik Rakyat China), yang memperoleh tiga nominasi untuk Penyutradaraan, Sinematografi dan Film Terbaik.

     Karya terbaik Asia-Pasifik telah diakui dalam kategori permainan. Aktris yang masuk nominasi adalah: Zhou Xun sebagai sopir taksi yang merokok di Li Mi de Caixiang (The Equation of Love and Death), Kim Hye-ja sebagai ibu yang amat setia di filmnya Bong Joon-ho, Madeo (Ibu), permainan menonjol Golshifteh Farahani sebagai Sepideh di Darbareye Elly (About Elly), penggambaran kompleks seorang ibu sosiopat oleh Yana Troyanova di Volchok (Wolfy) dan 'Ratu Bioskop Sri Lanka', Malini Fonseka, sebagai ibu pemimpin yang sombong di Akasa Kusum (Flowers of the Sky).

     Aktor yang dicalonkan adalah: Masahiro Motoki untuk permainan lembutnya sebagai pemain cello/pemilik perusahaan pemakaman di Okuribito (Departures), Yang Ik-Juni untuk penggambaran penjahat yang hidup miskin dalam debutnya sebagai sutradara, Ddongpari (Breathless), Mohamed Bakri sebagai hakim yang mencari nafkah sebagai sopir taksi di Eid Milad Laila (Ulang Tahun Laila), Ge You sebagai bujangan kesepian yang mencari cinta di Wu Cheng Fei Rao (If You Are the One) dan aktor legendaris India Naseeruddin Shah (Monsoon Wedding) sebagai 'orang biasa' dalam A Wednesday.

     Pemenang diputuskan oleh Juri Internasional yang dipimpin oleh Huang Jianxin yang akan berkumpul di Gold Coast Australia menjelang upacara APSA pada 26 November. Para calon untuk tahun 2009 bergabung dengan anggota Juri dan calon sebagai anggota Akademi Asia Pacific Screen Awards.

     Lihat daftar lengkap calon APSA tahun 2009 di sini: http://www.asiapacificscreenawards.com/the_awards/nominees_2009/

     Foto-foto beresolusi Tinggi, Bahan-bahan untuk Pers dan Arsip Audio untuk film terpilih tersedia di ruang media APSA:
http://www.asiapacificscreenawards.com/news_room/apsa_media_centre

     Atau melalui www.image.net

     Informasi terperinci mengenai pemenang sebelumnya, Juri Internasional Juri dan galeri foto masa lalu dapat dilihat di:

     www.asiapacificscreenawards.com

     Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:
     Jill Robson
     Asia Pacific Screen Awards
     F +61 (0) 458 404 527
     jill@apscreenawards.com

     SUMBER: Asia Pacific Screen Awards


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009