Surabaya (ANTARA News) - Akademi Angkatan Laut (AAL) meluncurkan jurnal militer yang diberi nama Sains Teknologi dan Profesi (Saintek).Gubernur AAL Laksda TNI Moch Jurianto, di Surabaya, Senin, mengatakan, jurnal militer tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

"Jurnal ini untuk merespons dan mengaktualisasikan diri dalam menyikapi pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir," katanya.

Penerbitan jurnal yang dibidani Direktur Perencanaan dan Pengembangan AAL Kolonel Laut (E) Toto Subali dan Direktur Pendidikan AAL Kolonel Laut (P) Lutfi Saifullah itu bersamaan dengan peresmian slogan "Centre for Leadership Development".

Dalam jurnal tersebut terkandung buah pemikiran, artikel-artikel ilmiah, penelitian, dan kajian tentang ilmu pengetahuan, teknologi, dan profesi para dosen serta perwira-perwira AAL.

"Kampus AAL adalah kawah candradimuka bagi calon-calon pemimpin bangsa, yang pada zamannya telah dan akan membawa manfaat dan kemajuan bangsa Indonesia," katanya.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, lanjut dia, dibutuhkan komitmen, kerja keras, dan kesadaran bersama seluruh jajaran AAL.Hal itu untuk menjadikan lembaga pendidikan AAL sebagai pusat pengembangan calon-calon pemimpin TNI AL, TNI, bangsa, dan negara di masa depan yang profesional di bidangnya.

"Saya berharap, penertiban jurnal dan slogan ini tak sekadar retorika belaka. Namun harus dihayati, dipahami, dan diimplementasikan dalam setiap pelaksanaan tugas sehari-hari," kata Jurianto.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009