Jakarta (ANTARA News) - Operator seluler PT Telkomsel mengungkapkan rata-rata pengguna "mobile content" setiap bulan mencapai 20 juta pelanggan, dari total 80 juta pelanggan saat ini.

"Pengguna "mobile content" mencapai 25 persen dari total pelanggan Telkomsel," kata General Manager Marketing Communications Telkomsel, Nirwan Lesmana di sela peluncuran content mobile Super Bejo, di Jakarta, Rabu.

Mobile content Super Bejo merupakan konten layanan seluler yang dipadukan dengan ragam hiburan mulai dari cerita lucu, cerita usil, kartun super, ramalan gokil, serta nada sambung pribadi.

Super Bejo yang digawangi artis Edwin dan Jhody itu juga berisi gosip, gambar aneh, hingga lagu-lagu duet pelawak tersebut.

Menurut Nirwan, segala macam tingkah laku kedua seniman itu dijadikan sebagai konten yang bersifat menghibur, seperti dunia berisik, profil Super Bejo, lirik lagu, nada kocak dan lainnya.

"Seiring dengan jumlah pelanggan mobile content, Telkomsel memandangnya sebagai peluang untuk menggabungkan layanan seluler dan hiburan menjadi satu," kata Nirwan.

Tarif per konten yang ditawarkan bervariasi dan cukup terjangkau antara Rp1.000 - Rp5.000.

Meski begitu ia tidak merinci berapa besar kontribusi mobile content terhadap total pendapatan perusahaan.

"Banyak pelanggan yang menginginkan konten-konten menghibur, sehingga peluncuran mobile content Super Bejo yang dapat juga diakses m.duniabejo.com diharapkan masyarakat," katanya.

Ia menuturkan, Telkomsel akan menjadi operator pertama sekaligus satu-satunya yang meluncurkan konten khusus gokil, pengguna cukup menekan *600# langsung dari ponsel.

Ditambahkan Nirwan, kehadiran layanan Dunia Bejo ini juga menunjukkan kemajuan baru layanan berbasis konten, yang dapat memicu inovasi Telkomsel dan mitra mengembangkan konten.

"Tidak tertutup kemungkinan nantinya pelanggan dapat meng-customize sendiri konten-konten sesuai dengan kebutuhan," ujar Nirwan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009