Jakarta (ANTARA News) - Danone kembali meluncurkan program kompetisi bisnis "The Trust Challenge"” yang ke-7 memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia dari berbagai universitas di Indonesia seperti UI, UGM, ITB, IPB, Unpad, Unair, Udayana Bali, USU, Unhas, dan Undip Semarang.

Kompetisi ini juga diikuti oleh 9 negara, yakni Belgia, China, Republik Ceko, Indonesia, Polandia, Rumania, Rusia, Turki dan Amerika Serikat, selanjutnya finalis dari 9 negara yang berpartisipasi1akan berkompetisi di Paris pada 15-16 April 2010, kata HR Director Nutricia, Maezar Maolana, dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat.

Maolana didampingi Michael A Liemena (Corporate Communications Aqua) mengatakan, "Trust Challenge" ini berbeda dari kompetisi bisnis yang lain, karena kompetisi ini menawarkan kesempatan kepada mahasiswa untuk  merancang sebuah strategi bisnis bagi Danone.

"Kompetisi bisnis ini pun berbeda karena memasukkan isu-isu tanggung jawab sosial dan lingkungan ke dalam manajemen bisnis. Tujuan kompetisi ini adalah untuk mengajarkan para peserta bahwa pertumbuhan perusahaan harus selalu berjalan beriringan dengan peningkatan kinerja perusahaan terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan," ujarnya.

Maolana yang juga menjadi Country Leader untuk Trust Challenge 2010 Indonesia mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen dan perhatian kami terhadap lingkungan pendidikan dan people development di Indonesia.

"Tahun lalu Indonesia telah menorehkan prestasi yang membanggakan. Tim Kalingga dari Universitas Gadjah Mada meraih gelar sebagai juara dunia, mengalahkan wakil dari 11 negara lain yang ikut bertanding," katanya didampingi mantan anggota Tim Kalingga dari UGM antara lain Bayu dan Desytha yang kini sebagai karyawan d Danone Indonesia.

Kompetisi Trust Challenge 2010 dilaksanakan melalui beberapa tahap, yaitu Trust Day yang di Indonesia, tahap pertama akan dilaksanakan pada 14 Januari 2010 di Jakarta yaitu setiap tim terdiri lima mahasiswa dari satu universitas menampilkan strategi bisnis atas perusahaan yang diakuisisi Danone, kemudian tahap Final Nasional yaitu lima tim terbaik akan terpilih untuk melaksanakan final nasional, 11 Februari 2010.

Pada tahap ini tim harus melakukan presentasi singkat atas rekomendasi strategi bisnis mereka di hadapan perwakilan Dewan Direksi dari semua perusahaan Danone di Indonesia dan diikuti dengan sesi tanya-jawab.

Selanjutnya Final Internasional yang akan dilaksanakan di Paris pada 15-16 April 2010 dengan kehadiran Franck Riboud, CEO Danone. Tim terbaik dari setiap negara akan berkompetisi untuk memenangkan tahap final tersebut. Tahun ini seluruh tim akan dievaluasi oleh Danone mulai manajer, dewan juri, akademisi dan oleh anggota tim yang lain.

Sementara itu Desytha Rahma dari UGM, yang berpartisipasi dalam final internasional Trust tahun lalu, menyatakan dengan gembira tentang pengalamannya dengan Trust.

"Kami berbagi perkembangan dan kebahagiaan antar anggota tim, begitu juga dengan teman dan fasilitator dari Danone. Terima kasih kepada Trust, saya telah menemukan sebuah perusahaan yang memiliki nilai keterbukaan, tanggung jawab, dan kepercayaan diri. Saya sangat beruntung untuk mendapatkan pengalaman berharga seperti ini," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009