Seluruh pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Poso telah sembuh

Seluruh pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Poso telah sembuh

Seorang pasien terakhir yang baru sembuh (kedua kiri) mengikuti acara seremonial kesembuhan pasien COVID-19 yang dilaksanakan pihak RSUD Poso, sebelum kembali ke rumahnya, Selasa (30/6/2020). ANTARA/HO-Feri Timparosa

Poso, Sulteng (ANTARA) - Sebanyak 14 pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) telah sembuh sekaligus daerah ini dinyatakan telah bebas dari pasien positif virus corona.

"Selasa siang hari ini, terakhir satu orang dari 14 pasien telah sembuh, dan sudah kembali ke rumahnya, Hal ini juga menunjukkan bahwa Poso sudah nol persen kasus pasien yang terkonfirmasi positif virus corona," ujar Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Poso, dr Marwan di Poso, Selasa.

Baca juga: Tak ada lagi pasien positif COVID-19 di Purwakarta

Marwan yang juga Direktur RSUD Kabupaten Poso menjelaskan sebelumnya sebanyak 13 pasien secara bertahap telah sembuh dan terakhir ditambah satu pasien hari Selasa (30/6) itu dinyatakan sembuh dari perawatan RSUD tersebut.

Ia menambahkan pasien yang terakhir dinyatakan sembuh dari COVID-19 itu, setelah ada hasil uji swab yang dinyatakan negatif. Pasien tersebut merupakan warga Kecamatan Tentena.

"Dengan kesembuhan pasien terakhir itu, pihak RSUD melaksanakan acara seremonial sederhana, untuk mengumumkan pasien terkonfirmasi positif corona telah sembuh atau tidak ada lagi di Kabupaten Poso," ujar Marwan.

Baca juga: 33 pasien terjangkit COVID-19 Sulut sembuh

Data Satgas COVID-19 Kabupaten Poso menyebutkan selain pasien terkonfirmasi positif virus corona yang telah sembuh itu, juga ada sebanyak 41 orang dengan status orang tanpa gejala (OTG), satu pasien dalam pengawasan (PDP) dan satu orang dalam pemantauan (ODP).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso, dr Taufan Karwur mengatakan Kabupaten Poso saat ini sudah menurun status dari zona merah menjadi zona kuning.

Dia berharap agar masyarakat tetap menjaga kebersihan serta melakukan protokol kesehatan dan pencegahan COVID-19 dengan pola hidup sehat dan bersih, menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan..***3***

Baca juga: GTPP Denpasar sebutkan positif COVID-19 bertambah 19 kasus
Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Malut bertambah
Baca juga: 23 orang positif COVID-19 di Karawang dinyatakan sembuh

Pewarta: Laode Masrafi/Feri Timparosa
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kabar baik, tiga pasien COVID-19 di Jayapura sembuh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar