Semarang, (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA Chris John, diundang untuk mengikuti Konvensi World Boxing Association (WBA) yang berlangsung di Cartegana, Kolombia, AS, 16 November 2009.

"Saya mendapat undangan untuk mengikutinya dan saya akan datang ke sana," kata petinju dengan julukan `The Dragon` ketika dihubungi di Semarang, Rabu.

Menurut suami mantan atlet wushu Jawa Tengah Anna Maria Megawati tersebut, dirinya mendengar juara-juara di WBA akan diundang dalam konvensi mendatang.

Ketika ditanya apa ada sesuatu yang akan diberikan WBA seperti gelar atau yang lainnya, ayah dua putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) itu mengatakan, dirinya tidak tahu persis soal itu.

Ia mengatakan, selain sebagai juara dunia, kehadirannya pada konvensi WBA mendatang karena ia mendapat penghargaan gelar Super Champions setelah mampu mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sebanyak 10 kali tanpa putus.

Gelar Super Champions ini diberikan langsung oleh Presiden WBA Gilberto Mendoza Jr saat Chris John melakukan persiapan menjelang pertarungan melawan Rocky Juarez di MGM Grand Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 19 September 2009.

Menyinggung soal pertarungan selanjutnya, dia mengatakan, sampai kini belum ada pembicaraan ke arah sana dengan manajer sekaligus pelatihnya Craig Christian.

"Mungkin saya kembali naik ring tahun depan atau 2010 karena sekarang ini waktunya mepet dan WBA sendiri akan mempunyai kerja yaitu konvensi," katanya.

Terakhir kali petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut mempertahankan gelarnya saat menang dengan angka mutlak atas penantangnya Rocky Juarez, 19 September 2009.

Asisten Manajer Herry`s Gym Toni Priatna yang dihubungi secara terpisah mengatakan, meskipun belum tahu jadwal pertarungan berikutnya, yang jelas pertarungan mendatang sifatnya masih "choice" atau pilihan.

"Kalau untuk tarung wajib waktunya masih lama karena berdasarkan aturan WBA, pemegang gelar Super Champions diberi tenggang waktu 2,5 tahun untuk naik ring," katanya menegaskan.

Pertarungan wajib terakhir yang dijalani Chris John adalah saat mengalahkan petinju Tuan rumah, Hiroyuki Enoki di Jepang, 24 Oktober 2008.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009