Liga Spanyol

Imbangi Betis, Celta tinggalkan bibir jurang degradasi

Imbangi Betis, Celta tinggalkan bibir jurang degradasi

Foto arsip - Para pemain Celta Vigo merayakan salah satu gol ke gawang Barcelona dalam laga lanjutan Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Balaidos, Vigo, Spanyol, Sabtu (27/6/2020). Sepekan kemudian di tempat yang sama Celta berhasil meraih satu poin melawan Real Betis untuk mengangkat diri dari bibir jurang degradasi. (ANTARA/REUTERS/Miguel Vidal)

Jakarta (ANTARA) - Celta Vigo meninggalkan bibir jurang degradasi dan naik satu strip ke urutan ke-16 setelah mengimbangi tamunya Real Betis dengan skor 1-1 dalam laga pekan ke-34 Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Balaidos, Sabtu.

Sempat unggul lebih dulu melalui eksekusi tendangan bebas Nolito, Celta dipaksa berjibaku meredam gelombang serangan tim tamu yang akhirnya bisa menyamakan kedudukan lewat Zouhair Feddal, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Kendati demikian tim besutan Oscar Garcia itu berhasil mengamankan satu poin dari laga tersebut, menambah koleksi mereka jadi 35 poin dan menggusur Eibar (35) dari urutan ke-16 berbekal keunggulan selisih gol.

Hanya saja, Celta tak bisa berpuas diri sebab Eibar baru akan melakoni laga pekan ke-34 mereka pada Senin (6/7) waktu setempat di kandang Sevilla.

Baca juga: Kembali telan kekalahan, Real Betis resmi pecat pelatih Rubi

Sementara itu, bagi Betis hasil imbang itu jadi raihan satu poin perdana semenjak pemecatan Rubi yang kini digantikan oleh pelatih interim Alexis Trujillo. Betis saat ini masih menempati urutan ke-13 dengan koleksi 38 poin, terancam digusur oleh Real Valladolid (36) yang baru tampil dalam laga lebih larut.

Main di kandang sendiri tak menghindarkan Celta dari tekanan Betis yang hampir unggul jika tendangan bebas Sergio Canales tak menyamping di sisi kiri gawang.

Perlahan tapi pasti Celta mengimbangi permainan tamunya dan pada menit ke-22 Nolito sukses membawa tuan rumah memimpin lewat eksekusi bola mati yang dilepaskannya melewati pagar hidup dan melesak ke pojok kanan bawah gawang tak terantisipasi kiper Joel Robles.

Baca juga: Celta Vigo rekrut Nolito untuk berjuang hindari degradasi
Baca juga: Celta terus perlebar jarak aman degradasi

Betis berusaha segera membalas tapi tandukan Guido Rodriguez masih bisa diamankan kiper Ruben Blanco dan selanjutnya Celta lebih banyak disibukkan dengan upaya menjaga keunggulan mereka yang bertahan hingga turun minum.

Gelombang serangan tim tamu kian deras di paruh kedua hingga akhirnya tepat pada menit ke-79 lewat situasi sepak pojok umpan silang Canales bisa diselesaikan dengan sepakan kaki kanan Feddal dari tengah kotak penalti untuk menghapuskan keunggulan Celta.

Betis memperoleh setidaknya dua peluang lagi lewat Feddal dan Rodriguez untuk membalikkan keadaan, tetapi dua-duanya melenceng dari sasaran dan skor imbang 1-1 tak berubah hingga aba-aba laga usai diperdengarkan wasit Pablo Gonzalez Fuertes.

Celta berpeluang untuk terus memperlebar jarak aman dari degradasi ketika menjamu Atletico Madrid di Balaidos dalam laga pekan ke-35 pada Selasa (7/7) waktu setempat (Rabu WIB), sedangkan Betis berkesempatan melakukan hal serupa ketika kandangnya kedatangan Osasuna sehari berselang.

Baca juga: Atletico cengkeram posisi tiga besar selepas bungkam Mallorca
Baca juga: Setien anggap spekulasi kepergian Messi pepesan kosong


Susunan pemain:

Celta Vigo (4-3-3): Ruben Blanco; Kevin Vazquez (Hugo Mallo), Nestor Araujo, Jeison Murillo, Lucas Olaza; Fran Beltran (Gabriel Fernandez), Okay Yokuslu, Rafinha; Iago Aspas (Santi Mina), Fedor Smolov (Brais Mendez), Nolito (Filip Bradaric)
Pelatih: Oscar Garcia

Real Betis (4-4-2): Joel Robles; Emerson, Alissa Mandi, Zouhair Feddal, Alex Moreno (Alfonso Pedraza); Sergio Canales, Andres Guardado, Guido Rodriguez, Carles Alena (Joaquin Sanchez); Juanmi (Christian Tello), Loren Moron (Borja Iglesias)
Pelatih: Alexis Trujillo

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar