E-Sport

PUBG Mobile jadi gacoan esports di tengah pandemi

PUBG Mobile jadi gacoan esports di tengah pandemi

PUBG Mobile National Championship (PINC) 2020. ANTARA/HO/Tim media PINC

Jakarta (ANTARA) - Perkembangan esports di Indonesia dinilai terus berkembang meski di tengah pandemi COVID-19 dan salah satu permainan yang banyak menjadi gacoan dalam sebuah perlombaan adalah PUBG Mobile.

"Industri esports ke depannya akan dapat menjadi pilar ekonomi baru. Terima kasih kami ucapkan baik kepada pihak pemerintah maupun pihak swasta yang telah ikut mendukung industri esports di Indonesia," kata Head of PUBG Mobile Esports untuk Asia Tenggara, Gaga Li dalam keterangan resminya, Senin.

Pihaknya mengakui jika saat kejuaraan offline banyak yang dihentikan karena pandemi, namun kejuaraan online baik level Indonesia seperti PUBG Mobile National Championship (PINC) 2020 maupun dunia seperti PUBG Mobile Pro League Season 1 tetap berjalan.

Khusus untuk PUBG Mobile National Championship (PINC) 2020 diklaim diikuti 51.000 peserta dari seluruh Indonesia. Padahal masih banyak kejuaraan yang sedang berjalan maupun dalam tahap perencanaan.

Baca juga: Influencer esports Indonesia berburu dukungan masuk tim Ultimate
Baca juga: 72 pemain Liga 1 duel di Mobile Legends dan PUBG Mobile


"Dengan mengadakan berbagai macam turnamen esport khususnya yang menggunakan platform PUBG Mobile, Industri ini memiliki karir yang bagus, karena mampu mendatangkan penghasilan yang cukup besar dan patut didukung oleh seluruh kalangan," kata Gaga Li menambahkan.

Selain PUBG Mobile National Championship (PINC) 2020, berbagai kejuaraan esports di Indonesia banyak digelar baik yang didukung penuh pemerintah maupun pihak swasta dengan salah satu tujuannya untuk menggali kreativitas dan mengembangkan potensi anak-anak muda.

Misalnya saja, dalam waktu dekat ini, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan GGWP, akan mengadakan kompetisi PUBG Mobile bertajuk Baparekraf Game Prime 2020 pada Agustus dengan total prize pool Rp1 miliar.

Tidak mau kalah dengan pemerintah, pihak swasta juga berlomba-lomba mengadakan kompetisi PUBG Mobile ini. Dalam kurun waktu tiga bulan ke depan ada beberapa kejuaraan mulai dari Gopay Arena Championship yang sudah berlangsung dengan total prize pool Rp1 miliar.

Berikutnya IES Smartfren Indonesia Championship dengan total prize pool Rp500 juta, Nusantara Battleground dengan total prize pool Rp40 juta, Esports Superstars Battle dengan total prize pool Rp250 juta dan ROG Mabro dengan total prize pool Rp20 juta.

Baca juga: Remaja India habiskan jutaan tabungan orang tua demi PUBG

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Imbangi PUBG dengan game bermuatan edukasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar