Jakarta (ANTARA) - Rumah produksi milik Disney yaitu ESPN Films mengumumkan telah menandatangani kesepakatan dengan Colin Kaepernick untuk membuat sebuah acara dokumenter yang mengangkat kisah kehidupan quarterback NFL tersebut.

Melalui kesepakatan itu, Ra Vision Media selaku perusahaan mili Kaepernick akan membuat rancangan cerita tertulis dan tidak tertulis, yang isinya membahas ras, keadilan sosial, dan usaha pencarian keadilan, Reuters melaporkan melalui pernyataan yang diterima dari Disney.

"Pengalaman Colin memberinya perspektif unik tentang persinggungan dalam hal olahraga, budaya, dan ras. Tidak diragukan lagi ini akan menciptakan kisah menarik yang akan mendidik, mencerahkan, dan menghibur," kata Ketua Eksekutif Disney Bob Iger.

Kaepernick, dikenal luas setelah melakukan aksi berlutut saat lagu kebangsaan Amerika Serikat tengah dimainkan, yang kemudian menjadi simbol perjuangan melawan ketidakadilan rasial.

Baca juga: Trump ingin Kaepernick si pencetus protes berlutut main lagi di NFL

Ia sempat mengajukan keluhan terhadap NFL pada 2017, mengklaim adanya kolusi karena tidak ada tim yang mau memakainya setelah berpisah dengan San Francisco 49ers. Kaepernick dan NFL akhirnya berdamai pada 2019.

Dokumenter tersebut akan fokus pada lima tahun terakhir kehidupan Kaepernick melalui wawancara dan rekaman arsip.

Baca juga: Collin Kaepernick sebut AS penjajah atas pembunuhan Soleimani

Kaepernick mengatakan bahwa ia berharap agar proses pembuatan dokumenter ini juga mengindahkan keadilan rasial.

"Dengan mengangkat sutradara, narator, dan produser berkulit hitam-gelap, akan lebih menginspirasi kaum muda dengan perspektif yang meyakinkan dan otentik" katanya.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020