Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menganugerahkan penghargaan kepada tiga pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-41 yakni untuk bidang ilmu pengetahuan alam, teknik, dan sosial di Jakarta, Selasa malam.

Kepala LIPI Prof Dr Umar Anggara Jenie dalam sambutan penganugerahan pemenang LKIR ke-41 itu mengatakan, LKIR merupakan pondasi bagi pengembangan kreativitas remaja sehingga bisa memperkaya pengetahuan secara komprehensif mengenai bagaimana berinovasi dan mengembangkan teknologi.

"Melalui proses kreasi ide dan dituangkan dalam hasil karya diharapkan dapat membawa manfaat bagi optimalisasi sumber daya manusia yang unggul sehingga mampu meningkatkan daya saing bangsa di masa depan," kata Umar.

Ketiga juara I tersebut yakni: di bidang Ilmu Pengetahuan Alam adalah Dio Cesar Alfananda, Gineng Pratidina, dan Jayu Pramudya dari SMA Negeri 1 Surakarta dengan judul karya "Influensi Pseudomonas Aeruginosa dan Analisanya terhadap Perubahan Kadar Ion Besi dalam Air".

Sedangkan pemenang dalam bidang Ilmu Pengetahuan Teknik yakni Muh Wildan Yahya, Ardhy Purwo Nugroho dan Diana Sekar Sari dari SMA Negeri 2 Pare, Kediri dengan judul karya "Optimalisasi Produksi Biofuel dari Kelapa (Cocos Nucifera) dengan Pengolahan Bertingkat".

Sementara itu di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial juara pertamanya adalah Cholida Firdaus dan Cholila Djavad masing-masing dari SMA Negeri 9 dan Negeri 5 Bogor dengan judul penelitian "Tingkat Pengenalan Pelajar Kota Bogor terhadap Toponimi Indonesia".

Untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam, juara keduanya adalah Darmadi dari SMA Negeri 8 Yogyakarta dengan judul penelitian "Sedimentologi Daerah Pertemuan sungai opak dan Oyo" dan juara ketiga Zulyana Surimidani dari SMP Al Hikmah Full Day School Surabaya dengan judul karya "Efektivitas Minyak Jintan Hitam dalam Meningkatkan kecerdasan Tikus Putih".

Untuk bidang Ilmu Pengetahuan Teknik, juara kedua yakni Annisa Dejanira dari SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo dengan judul "Modifikasi Lesung Tradisional Menggunakan Prinsip Katrol" dan ketiga Fitria trisna dari Diklat LPI Bina Bangsa Jombang dengan judul "Oven Sakti, Alat Pembuat Telur Asin 48 Jam".

Sedangkan untuk bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, juara kedua Afrizal dari SMA Plus Negeri 17 Palembang dengan judul "Di Balik Pembangunan Pelabuhan Tanjung Si Api-api, Kontroversi atau Rezeki".

Dan juara ketiga, Ikhsan Brilianto dari SMA Negeri 1 Yogyakarta dengan judul "Prospek Distro sebagai industri Kreatif di Tengah Penjajahan Produk Luar Negeri". (*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009