London (ANTARA News/Reuters) - Pemegang gelar Manchester United, diwarnai dengan gol dari Michael Owen di antara tim nomor dua, mencapai perempat-final Piala Liga dengan kemenangan 2-0 di kandang tim Championship (divisi dua) Barnsley, Selasa.

Tottenham Hotspur, yang kalah oleh United melalui adu penalti pada final musim lalu dan juara pada 2008, sedang mengejar hat-trick final setelah mereka mengalahkan Everton 2-0.

Blackburn Rovers mengalahkan tim Championship Peterborough 5-2, Portsmouth menikmati kemenangan langka dengan sukses di kandang sendiri 4-0 atas Stoke City dan Aston Villa mengalahkan Sunderland melalui adu penalti setelah hasil imbang 0-0.

United, yang tim utamanya kalah 0-2 oleh Liverpool dalam pertandingan Liga Premier pada Minggu, menyudahi awal yang tegang dengan memimpin pada menit keenam ketika Danny Welbeck, yang mencetak gol kemenangan melawan Wolverhampton Wanderers pada putaran sebelumnya, menyundul masuk dari sudut.

Dua musim lalu Barnsley mengalahkan Liverpool dan Chelsea dalam perjalanan menuju semifinal Piala FA dan tim asal Yorkshire itu, yang kesulitan dalam divisi dua, hampir menyamakan kedudukan ketika sundulan Daniel Bogdanovic membentur gawang pada pertengahan babak pertama.

Tetapi Owen, yang jarang menikmati menjadi pemain pembuka bagi United, menunjukkan insting pemangsanya untuk memastikan kemenangan setelah bermain selama satu jam dengan memutar tajam di tepi area penalti untuk mengelabui dua pertahanan lawan diikuti dengan penyelesaian seksama ke dalam sudut gawang.

United kemudian kehilangan pemain belakang berpengalaman Gary Neville yang diusir keluar lapangan karena mentekel Adam Hammill dan mereka harus bekerja keras pada babak akhir saat Barnsley membuat, dan menyia-nyiakan, sejumlah peluang bagus.

"Ini pertandingan Piala (Liga), Barnsley telah melakukan usaha keras dan mendapat satu atau dua peluang ketika kami berkurang menjadi 10 pemain tetapi saya kira kami pantas untuk lolos," kata Ferguson kepada Sky Sports.

Mengenai kontribusi Owen ia mengatakan: "Itu gol yang fantastik, kaki yang bagus, cepat dan penyelesaian yang menakjubkan, menurut saya itu gol yang hebat."

Tottenham dan Everton menurunkan tim hampir dengan kekuatan penuh dan menghasilkan pertandingan yang hidup dan satu gol ganjil di White Hart Lane.

Spurs unggul lebih dulu setelah menit ke-31 melalui serangan balik yang berakhir dengan tendangan kuat Tom Huddlestone.

Robbie Keane menggandakan keunggulan setelah menit ke-57 dalam perebutan bola dahsyat diwarnai tidak kurang dari empat usaha yang memantul gawang setelah tendangan penaltinya berhasil diselamatkan.

Kiper pengganti Brad Guzan adalah pahlawan bagi Villa di Stadium of Light saat ia menyelamatkan tendangan penalti Kenwyne Jones untuk memaksakan perpanjangan waktu sebelum mengelakkan tiga usaha Sunderland dalam adu penalti untuk membantu timnya meraih kemenangan 3-1 melalui adu penalti.

Putaran keempat akan berakhir Rabu ketika Arsenal menghadapi Liverpool, Chelsea melawan Bolton Wanderers dan Manchester City berhadapan dengan tim divisi dua Scunthorpe, klub dari liga bawah yang tersisa.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009