Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum terpilih Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS) Prof Dr Haryono Suyono mengumumkan kepengurusan DNIKS (2009-2014) yang terdiri atas 17 tokoh nasional sesuai hasil Musyawarah Nasional (Munas) VI DNIK di Bandung, 6-7 Oktober 2009.

Prof Haryono yang juga ketua Yayasan Damandiri mengemukakan hal itu dalam dialog interaktif menyambut Hari Sumpah pemuda di Radio D FM Jakarta, Rabu yang didampingi Sekjen DNIKS Dr Rohadi Haryanto.

Hadir pada kesempatan itu dari kalangan LSM "Gesang" Paul Bernadi dan Sukardi yang akan memilih tokoh pemberdayaan masyarakat "mutiara bangsa" dari generasi muda yang akan diberikan penghargaannya pada Hari Pahlawan 10 November 2009 di Jakarta.

Munas DNIKS tesebut memutuskan Prof Dr Haryono Suyono sebagai Ketua Umum terpilih (2009-2013), Bustanil Arifin, SH sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DNIKS (2009-2013), Drs Sukarso sebagi Keta Badan Perwakilan Anggota DNIKS, Dr Rohadi Haryanto (Sekjen) dan Sri Haryanti (Bendahara).

Haryono menjelaskan, Munas DNIKS menghasilkan program kerja (2009-2013), antara lain pembangunan budaya peduli anak bangsa, reformasi kebijakan pembanguan sosial, peningkatan dan perluasan kapasitas organisasi dan SDM, peningkatan pemberdayaan sosial terpadu, peningkatan mutu organisasi dan SDM, serta peningkatan peluasan penelitian dan pembangunan.

"Program kerja tersebut akan dilaksanakan secara terpadu dan gotong royong dengan koordinasi DNIKS, seluruh perangkatnya, organisasi sosial, BK3S, K3S dan masyarakat," katanya.

Pada kesempatan itu, Haryono menyambut baik atas kebijakan dan program Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang bertekad meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"DNIKS mendukung bekerjasama dengan pemrintah untuk meningkatan kesejahteraan rakyat sesuai dengan Visi DNIKS yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera dan adil melalui upaya kesejahteraan dan pembangunan sosial," katanya.

Haryono menambahkan, jajaran pengurus DNIKS (2009-2013) juga memperkenalkan diri dengan jajaran pemerintah yaitu Menko Kesra Agung Laksono dan Mensos Salim Segaf al Jufrie.

"DNIKS adalah lembaga koordinasi kesejahteraan sosial (Kesos) sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 42 UU No 11 tahun 2009 tentang Kesos," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009