Jakarta (ANTARA News) - Java Festival Production (JVP) selaku penyelenggara akan menggelar tiga konser amal oleh tiga grup band pada festival musik Axis Jakarta International Java Soulnation Festival 2009.

"Akan ada tiga konser amal yaitu konser amal Slank, konser Indonesia Unite RISE yang dimotori Glen Fredly, dan konser Pandji untuk NTT (Nusa Tenggara Barat)," kata Koordinator Program JVP, Eki Puradiredja dalam jumpa pers penyelenggaraan Axis Jakarta Internasional Java Soulnation Festival 2009 di Jakarta, Kamis.

Konser amal Slank selama satu jam akan digelar pada hari pertama penyelenggaraan Soulnatioan yaitu Jumat (30/10) dan konser amal Indonesia Unit RISE yang dimotori Glen Fredly yang didukung Dewi Sandra, Yacko, dan JFlow akan digelar pada Sabtu selama satu jam.

Dua konser tersebut didedikasikan bagi korban gempa Padang, Sumatra Barat.

Sedangkan konser amal Pandji dengan artis Indonesia Unite lainnya akan digelar pada Jumat, dan dana yang terkumpul akan disalurkan untuk penduduk miskin di NTT.

"Tiga konser itu gratis, tetapi kita menyediakan kotak sumbangan yang bisa diisi penonton," kata pendiri JVP, Peter F Gontha.


Empat genre

Eki menambahkan gelaran musik Soulnation untuk kedua kalinya ini tidak hanya menghadirkan musisi dengan genre musik hip-hop dan rap, akan tetapi juga menampilkan musisi beraliran elektronik sound dan dance.

Soulnation 2009 ini akan menampilkan 10 artis internasional dan 60 artis Indonesia yang digelar selama dua hari mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB (pagi).

Sederet musisi hip-hop dan rap yang bakal tampil di Soulnation 2009 antara lain DMC dari band Run DMC, Grup hip-hop Amerika "Arrested Development", grup Atlantik Star, group duo Amerika "The Ting Tings", Jessica Mauboy dari Australia, "Corporate Lo-Fi" dari Filipina dan gup band "Tortured Soul".

Soulnation bakal diramaikan oleh Pesta Rap Reunion, Arrested Development, T Five, Musiq Soulchild, Bondan Prakoso & Fade2Black, Ras Muhammad, Dira J. Sugandi, Konflik Live PA, Batik Tribe, Zam Zam, Soulvibe.

Juga terdapat Joeniar Arief, Aldisyah, Maliq & D`Essentials, Sevensoul, J-Flow, Aditya, Crystal Opera, The G, Rafi and the Beat feat. Cindy Bernadette & Abdul, Home Grown, Boogiemen, SAI and the Funky Bunch.

Selain itu, juga ada RAN, Tangga, Panji, Neo, Slank, Ndeesaster, Daviuz, ditambah dengan DJ Moni, DJ Spooky, DJ Lenno, DJ Larry, dan special project IndonesiaUnite R.I.S.E. (hosted by Glenn Fredly).

Festival musik ini untuk kedua kalinya yang digelar di Istora Senayan bertema "One Nation One Rhythm".(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009