Jakarta (ANTARA News) - Java Festival Production (JVP) selaku penyelenggara mengklaim telah mengundang semua musisi beraliran hip-hop dan rap termasuk Iwa K dan Saykoji untuk mengisi festival musik Axis Jakarta International Java Soulnation Festival 2009.

"Kita undang semua musisi di genre ini, tapi kalau ternyata musisi tersebut tidak bisa mengisi di Soulnation 2009 ini, kita tidak bisa memaksa," kata Koordinator Program JVP, Eki Puradiredja dalam jumpa pers penyelenggaraan Axis Jakarta Internasional Java Soulnation Festival 2009 di Jakarta, Kamis.

Eki menjelaskan hal tersebut terkait pertanyaan dari banyak pihak tentang tidak tampilnya rapper Iwa K dan Saykoji pada pergelaran musik hip-hop dan rap yang diklaim terbesar di Indonesia itu.

Tidak tampilnya Saykoji, katanya, lebih karena kesibukan rapper berbadan subur itu tampil di tempat yang lain.

"Jadi tidak ada hubungannya karena dia merupakan ikon produk tertentu (salah satu produk operator telekomunikasi)," kata Eki.

Senada dengan Saykoji, tidak tampilnya Iwa K disebabkan kesibukan dari dedengkot rapper Indonesia itu.

"Kita sangat menginginkan Iwa K tampil, akan tetapi dia tidak bisa. Tetapi saya yakin, pada penyelenggaraan Soulnation tahun-tahun mendatang, dia bakal tampil mengisi," katanya.

Sebelumnya, Iwa K mengaku tidak bisa mengisi festival musik rap dan hip-hop yang digelar di Senayan pada Jumat dan Sabtu besok (30-31/10) tersebut.

Dia menyatakan merasa tidak kecewa tidak dapat mengisi Soulnation. "Kalau memang tidak ketemu (pembicaraan) dengan penyelenggara, ya tidak usah dipaksakan," kata rapper pertama Indonesia itu.

Meski tidak menjadi salah satu pengisi acara, Iwa K akan menonton penampilan grup hip-hop asal Atlanta, Georgia, Amerika, Arrested Development pada festival musik hip-hop Axis Jakarta International Java Soulnation Festival 2009.

"Saya akan melihat (penampilan Arrested Development -red). Kemungkinan akan saya lihat," kata Iwa.

Sederet musisi hip-hop dan rap yang bakal tampil di Soulnation 2009 antara lain DMC dari band Run DMC, Grup hip-hop Amerika "Arrested Development", grup Atlantik Star, group duo Amerika "The Ting Tings", Jessica Mauboy dari Australia, "Corporate Lo-Fi" dari Filipina dan gup band "Tortured Soul".

Soulnation bakal diramaikan oleh Pesta Rap Reunion, Arrested Development, T Five, Musiq Soulchild, Bondan Prakoso & Fade2Black, Ras Muhammad, Dira J. Sugandi, Konflik Live PA, Batik Tribe, Zam Zam, Soulvibe.

Juga terdapat Joeniar Arief, Aldisyah, Maliq & D`Essentials, Sevensoul, J-Flow, Aditya, Crystal Opera, The G, Rafi and the Beat feat. Cindy Bernadette & Abdul, Home Grown, Boogiemen, SAI and the Funky Bunch.

Selain itu, juga ada RAN, Tangga, Panji, Neo, Slank, Ndeesaster, Daviuz, ditambah dengan DJ Moni, DJ Spooky, DJ Lenno, DJ Larry, dan special project IndonesiaUnite R.I.S.E. (hosted by Glenn Fredly).

Festival musik ini untuk kedua kalinya akan digelar pada 30-31 Oktober di Istora Senayan dengan tagline "One Nation One Rhythm".(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009