12 warga Pulau Tidung Kepulauan Seribu positif COVID-19

12 warga Pulau Tidung Kepulauan Seribu positif COVID-19

Warga mendatangi kawasan wisata Pulau Tidung, Kepulauan Seribu menyaksikan acara Oceanic Folk Festival dan Festival Bahari, Sabtu (21/9/2019) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Benar, saat ini sudah ditangani tim gugus tugas
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 12 pedagang di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta dinyatakan positif virus corona (COVID-19) usai uji usap tenggorokan pada 19 dan 24 Juni 2020.

“Benar, saat ini sudah ditangani tim gugus tugas,” kata Lurah Pulau Tidung, Hafsah saat dihubungi Antara, di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan satu orang telah dirujuk ke RS Pertamina, satu orang ke RS Fatmawati, tiga orang dirujuk ke RS Wisma Atlet Kemayoran dan tujuh orang melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat.

“Ada dua orang lainnya yang sudah negatif swab kedua kali dan tetap melakukan isolasi mandiri untuk menunggu hasil swab ketiga,” jelas Hafsah.

Baca juga: Kepulauan Seribu sambut turis dengan wisata ramah protokol kesehatan
Baca juga: Jumlah kasus positif COVID-19 di Jakarta tembus 13 ribu


Sebagian besar mereka yang terpapar COVID-19 merupakan pedagang yang memiliki riwayat perjalanan keluar dari Pulau Tidung.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaedi menegaskan pemerintah kabupaten terus memperketat pengawasan wilayah terutama akses wisatawan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Pengunjung harus dibatasi dimulai dari dermaga keberangkatan dengan menyiagakan petugas setiap akhir pekan,” kata Junaedi.

Dia mengatakan kebijakan itu bertujuan untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan ke Kepulauan Seribu pasca dibukanya kembali sektor pariwisata.

Baca juga: Ketua RW se Kepulauan Seribu disosialisasikan program "Perisai"

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jakarta sudah uji usap 4 kali lipat standar WHO

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar