Golf

Ryder Cup resmi diundur tahun depan

Ryder Cup resmi diundur tahun depan

Pegolf Irlandia Utara Rory Mcllroy sempat mendesak penyelenggara untuk menunda turnamen dua tahunan itu hingga tahun depan. (Action Images via Reuters/PAUL CHILDS)

Jakarta (ANTARA) - Panitia penyelenggara Ryder Cup pada Rabu mengumumkan bahwa turnamen golf Ryder Cup yang dijadwalkan digelar akhir September di Wisconsin, AS, resmi ditunda tahun depan akibat pandemi virus corona.

Dilansir Reuters, Rabu, keputusan ini diambil oleh penyelenggara setelah mengetahui tenaga medis dan otoritas setempat menyatakan tak yakin bisa menanggulangi risiko penyebaran virus corona terhadap ribuan penonton yang hadir.

“Meski mengecewakan, kewajiban kami untuk melakukan semua yang kami bisa untuk menjaga kesehatan masyarakat adalah hal yang terpenting,” kata Kepala Eksekutif PGA Amerika Seth Waugh dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: British Open putri akan digelar tanpa penonton

“Kehadiran penonton, baik mereka yang mendukung tim AS maupun Eropa adalah satu hal yang membuat Ryder Cup unik dan menarik. Bermain tanpa penonton bukan pilihan yang realistis.”

Ryder Cup dijadwalkan digelar pada 25-27 September di Whistling Straits, Wisconsin, AS, dan tanpa penonton.

Sebelumnya, pegolf nomor satu dunia Rory Mcllroy sempat mendesak penyelenggara untuk menunda turnamen dua tahunan itu hingga tahun depan.

Baca juga: Pegolf Afrika Selatan Dylan Frittelli dinyatakan positif COVID-19

“Menurut saya, menunda Ryder Cup sampai 2021 akan menjadi keputusan yang tepat,” kata Mcllroy.

Pembatalan Ryder Cup menambah daftar sejumlah kejuaraan olahraga utama lainnya yang terpaksa ditunda akibat virus corona. Setidaknya hingga saat ini, sudah ada tiga turnamen besar, di antaranya The Masters, US Open dan PGA Championship yang mesti dijadwal ulang. Sementara itu, British Open sudah diputuskan batal.

Tim Eropa, yang sudah memenangkan empat dari lima pertandingan, sebelumnya telah menunjuk Padraig Harrington sebagai kapten tim. Sementara tim AS akan dipimpin oleh Steve Stricker.

Baca juga: PGA Tour ingatkan pemain untuk mematuhi protokol kesehatan

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Berolah raga dan tetap bugar usai pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar