Bandung (ANTARA News) - Dua pemain tim nasional Thailand, Sunchao Nuthnum dan Kosin Hathairatanakoll, dipastikan memperkuat Persib "Maung Bandung" pada Liga Super Indonesia 2009-2010.

Pemain sayap kiri, Sunchao Nuthnum, tiba di Bandung Selasa sekitar pukul 14.00 WIB, menyusul rekannya Kosin Hathairatanakoll yang sudah datang ke Kota Kembang sehari sebelumnya.

Sunchao langsung bergabung dalam latihan tim asuhan pelatih Jaya Hartono yang berlangsung di Stadion Siliwangi Bandung.

Kosin dan Sunhao resmi bergabung dengan Persib yang tahun ini menargetkan Juara Liga Super Indonesia 2009-2010.

"Mereka berdua sudah bergabung, lengkap sudah pemain yang kita rekrut bergabung. Diharapkan kehadiran Sunchao bisa lebih mempertajam lini depan," kata Manajer Persib H Umuh Muhtar.

Namun kedua pemain itu hanya akan berlatih bersama dalam tiga hari saja, karena pada Jumat (6/11) mereka harus kembali ke Thailand untuk persiapan pertandingan Timnas Thailand melawan Singapura di pentas penyisihan Piala Asia.

Rencananya, kedua pemain itu kembali ke Bandung 19 November 2009 mendatang atau tiga hari menjelang pertandingan Persib melawan Pelita Jaya.

"Melihat penampilan pertama Sunchao sangat menjanjikan, permainannya agresif dan taktis. Meski kondisinya masih belum fit. Kami berharap mereka tampil konsisten," kata Umuh Muhtar.

Dengan kehadiran dua pemain itu, Persib sekarang diperkuat lima pemain asing. Tiga pemain lainnya adalah Hilton Moriera, Christian Gonzales dan bek Rene Christian.

Namun berdasarkan regulasi BLI Persib bisa menurunkan kelima pemain asing sekaligus karena dua pemain berasal dari Asia Tenggara.

Sementara itu Pelatih Jaya Hartono menyatakan puas dengan penampilan pertama Sunchao dalam latihan timnya di Stadion Siliwangi Bandung. Ia berharap Sunchao bisa menggantikan peran Siswanto yang pada musim lalu beroperasi di sayap kiri. Siswanto sendiri saat ini sudah hengkang dari Persib.

"Sunchao bisa beroperasi di sayap kiri maupun kanan, melihat pergerakannya cukup bagus. Namun jelas ia butuh adaptasi dengan pemain lainnya," kata Jaya Hartono.

Dengan kehadiran pemain Thailand itu, Jaya makin banyak pilihan untuk melakukan rotasi pemain, termasuk juga dalam melakukan beberapa formasi tim.

Sementara Sunchao menyatakan senang bisa bergabung dengan Persib Bandung. Terlebih ia bergabung satu tim dengan rekannya sesama asal Thailand. Pada kesempatan itu, ia menyatakan komitmennya untuk menjadi bagian dari sukses Persib pada musim kompetisi tahun ini.

"Senang bisa bergabung dengan Persib yang memiliki penonton yang sangat fanatik. Saya tahu cukup banyak tentang Persib dan suporter di sini," katanya.

Sementara itu Stadion Persib Bandung yang selama ini menjadi tempat latihan tim Persib tidak layak lagi dipergunakan untuk latihan. Kondisi rumputnya mulai gundul dan permukaan tanahnya keras sehingga pemain rawan cedera.

Bek Aji Nurfijal menjadi korbannya setelah mengalami cedera pergelangan kaki. Oleh karena itu Persib memindahkan tempat latihan ke Stadion Siliwangi Bandung.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009