Washington (ANTARA News) - Raksasa perangkat lunak komputer AS, Microsoft mengatakan Rabu, pihaknya memangkas lebih dari 800 pekerjaan selain mengumumkan 5.000 PHK sebelumnya.

"Awal tahun ini, kami mengumumkan bahwa dalam rangka untuk mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi dan memprioritaskan bidang fokus kami, kami akan menghilangkan kira-kira 5.000 posisi pada bulan Juni 2010," kata Microsoft dalam sebuah pernyataan seperti diberitakan AFP.

"Hari ini, kami menghilangkan sekitar 800 posisi yang tersebar di beberapa bisnis dan lokasi dan telah menyelesaikan rencana pengurangan kami lebih cepat dari yang telah diantisipasi 11 bulan lalu," kata pernyataan itu.

"Apa ini adalah akhir dari upaya yang diumumkan oleh (Kepala Eksekutif Microsoft Steve) Ballmer dan Microsoft pada bulan Januari," kata juru bicara Microsoft Lou Gellos.

"Pada saat yang sama, kami terus menyewa di daerah prioritas, tetapi juga memahami bahwa melanjutkan untuk mengelola bisnis kami, seperti yang selalu kami lakukan, dapat berarti tambahan penyesuaian," kata pernyataan Microsoft.

Total PHK sejak Januari adalah terbesar yang pernah dlakukan Redmond, perusahaan yang berbasis di Washington, yang memiliki 91.005 karyawan pada akhir September.

Microsoft bulan lalu melaporkan bahwa keuntungan bersih turun 18 persen di kuartal pertama tahun fiskal menjadi 3,57 miliar dolar, atau 40 sen per saham, dari 4,37 miliar dolar, atau 48 sen per saham, setahun yang lalu.

Pendapatan turun 14 persen pada kuartal yang berakhir pada 30 September menjadi 12,92 miliar dolar.

Itu adalah kuartal ketiga dalam deretan pendapatan bagi perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates, tetapi melampaui perkiraan analis 12,37 miliar dolar.

Microsoft telah terpukul oleh lemahnya permintaan di seluruh dunia untuk komputer pribadi dan berharap untuk mendapatkan dorongan dari rilis bulan terakhir yang banyak digembar-gemborkan generasi sistem operasi Windows 7. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009